Advertisement

PENGERTIAN KUNTI – Dalam agama Hindu, disebut pula Prita atau Parseni, salah satu anggota bangsa Yadawa ketu­runan Yadu. Ia saudara Basudewa dan istri Pandu.

Sebelum melahirkan tiga orang Pandawa, ia telah melahirkan Karna yang diperoleh dari Batara Surya. Dalam agama Hindu terdapat kepercayaan bahwa Yudhistira adalah titisan Batara Dharma, Bima titisan Batara Wayu atau Bayu, sedangkan Arjuna titisan Ba­tara Indra.

Advertisement

Sesungguhnya Pandawa Lima adalah putra dari ke­dua istri Pandu, yaitu Kunti dan Madri. Tiga Pandawa pertama (Yudhistira, Bima, dan Arjuna) dilahirkan oleh Kunti dan dua Pandawa yang terakhir (Nakula dan Sadewa) dilahirkan oleh Madri. Konflik antara kedua istri Pandu tetap ada, namun berkat kearifan Kunti, Kunti dapat berlaku sebagai ibu Pandawa Li­ma, demikian pula Madri. Baik Kunti maupun Madri bertindak sebagai ibu bijaksana dan istri setia. Ketika Pandu wafat, Madri melakukan upacara sati (mesatia), yaitu terjun ke dalam kobaran api yang memba­kar jenazah Pandu pada upacara kremasi.

Setelah Madri dan Pandu tiada, Kunti membesar­kan dan mendidik Pandawa Lima. Segala sesuatunya dibagi secara adil. Demikian juga ketika Arjuna memenangkan sayembara merebut Drupadi, kebaha­giaan Arjuna harus dibagi rata. Hal ini berarti bahwa Drupadi menjadi milik Pandawa Lima, atau dengan kata lain Drupadi harus kawin dengan kelima Panda­wa dan menjadi istri bersama.

Incoming search terms:

  • Apa yang disebut dengan Kunti
  • pengertian dari kutthi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Apa yang disebut dengan Kunti
  • pengertian dari kutthi