Advertisement

PENGERTIAN KURIKULUM – Merupakan seperangkat pelajaran yang diberikan dalam suatu kegiatan belajar-mengajar untuk mencapai suatu tujuan pendidikan tertentu. Pendidikan yang bertujuan menghasilkan tenaga guna akan mempunyai kurikulum berbeda dari pendidikan yang bertujuan menghasilkan suatu keahlian, misal­nya ahli bidang teknik. Karena itu perangkat pelajaran yang disajikan dalam kurikulum harus mempunyai re­levansi dengan tujuan yang hendak dicapai.

Kurikulum bukanlah sekadar suatu daftar mata pe­lajaran. Kurikulum memuat juga ketentuan mengenai bahan, komposisi bahan, sistem penyampaian, dan sistem evaluasi. Dalam sistem pendidikan nasional Indonesia bahan kurikulum dibagi menjadi lima ke­lompok program belajar-mengajar, yaitu (1) sikap dan nilai hidup; (2) pengetahuan; (3) keterampilan; (4) hu­maniora; (5) kewarganegaraan.

Advertisement

Komposisi kurikulum disesuaikan dengan jenjang pendidikannya. Pada tingkat pendidikan dasar, misal­nya, program pelajaran yang menyangkut sikap dan nilai bertujuan memberikan bekal dasar, dengan teka­nan pada pengenalan, penghayatan, dan pengamalan. Pada tingkat menengah komposisinya mengutamakan pemahanan dan keyakinan untuk menunjang peng­hayatan dan pengamalan nilai dan sikap tersebut. Jadi, makin tinggi jenjangnya makin mendalam pemba­hasannya. Dengan demikian komposisinya dapat ber­ubah sesuai dengan apa yang hendak dicapai.

Sistem penyampaian merupakan metode atau stra­tegi yang dipakai untuk menyampaikan program pe­lajaran dalam suatu proses interaksi dan komunikasi antara guru, murid, dan bahan pelajaran.

Untuk mengetahui apakah tujuan kegiatan belajar- mengajar tercapai, diperlukan evaluasi. Sistem eva- lusebagai bagian kurikulum diseriuskan untuk menilai kurikulum itu dan juga untuk menilai hasii belajar para murid. Hasil evaluasi inilah yang menen­tukan perlu tidaknya dilakukan perubahan atau pe­nyempurnaan terhadap suatu kurikulum.

Incoming search terms:

  • pengettian nilai

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengettian nilai