Advertisement

PENGERTIAN LARVA MIGRANS – Suatu istilah untuk larva cacing parasit yang bermigrasi ke dalam tubuh inang yang bukan inang aslinya. Umumnya dalam lingkungan hi­dup yang baru ini larva tidak dapat meneruskan per­tumbuhannya secara normal. Akhirnya larva akan ma­ti dan dihancurkan oleh sel-sel inang.

Ada tiga jenis larva migrans yang menyerang ma­nusia. Pertama, larva migrans yang menyerang kulit. Larva ini berasal dari yang inang asli­nya anjing atau kucing. Kedua,’ larva- migrans visera! yang menyerang organ dalam tubuh. Jenis ini dise­babkan oleh larva cacing toxocara yang masuk mela­lui usus. Yang ketiga ialah larva migrans yang menye­rang kulit maupun organ dalam tubuh, misalnya larva lalat.

Advertisement

Larva pada kulit akan menyebabkan radang kulit dengan gambaran khas berkelok-kelok menyerupai bentuk cacing. Gangguan ringan karena adanya bebe­rapa ekor larva dapat disembuhkan dengan membeku­kan daerah yang terkena dengan etil klorida padat atau es kering (karbon dioksida). Bila tindakan ini tidak berhasil, larva dikeluarkan dengan pembedahan.

Organ yang dapat diserang oleh larva migrans viseral ialah hati, otak, mata, sumsum tulang belakang, paru, otot jantung, ginjal, kelenjar limfe, dan limpa. Gejala yang timbul bergantung pada organ yang ter­kena dan luasnya jaringan yang terganggu fungsinya. Larva migrans viseral jarang ditemukan sehingga pengobatannya masih dalam taraf percobaan.

Incoming search terms:

  • organ yang diserang visceral larva migrans

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • organ yang diserang visceral larva migrans