Advertisement

PENGERTIAN LASER – Suatu peranti elektronik yang meng. hasilkan berkas cahaya sangat sejajar, dengan panjang gelombang tunggal, dan sangat intensif. Cahaya laser dikatakan bersifat koheren, artinya bidang simpul dan bidang perut setiap gelombang dalam berkas itu ber­impit. Sifat iniiianya dapat dipenuhi oleh gelombang yang bersifat monokromatik (satu warna). Berkas ca­haya lampu pijar dan lampu fluoresen (“neon”) dika­takan tak-koheren, karena gelombang-gelombang dalam bekas itu merambat sendiri-sendiri, tidak ber­derap bersama-sama. Berkas cahaya tak-koheren cen­derung menyebar. Sebagai perbandingan: berkas ca­haya laser dengan garis tengah penampang sebesar 30 sentimeter yang diarahkan ke bulan menerangi daerah bundar pada permukaan bulan dengan garis tengah 3 kilometer, sedangkan cahaya biasa menyebar sampai bergaris tengah 40,2 ribu kilometer (jarak yang dia­rungi sama, sejauh 386 ribu kilometer).

Molekul atau atom suatu bahan dapat ditingkatkan energinya ke tingkat tereksitasi dengan berbagai cara, misalnya dipanasi, disinari, atau ditabrak elektron. Mereka kembali ke keadaan dasar dengan melepas energinya, misalnya, dalam bentuk foton cahaya. Ini yang terjadi pada lampu pijar, lampu fluoresen, dan juga laser.

Advertisement

Bedanya, dalam sumber cahaya tak-koheren, pele­pasan foton ini tak bergantungan dan foton dilempar ke sebarang arah, sedangkan dalam laser disengaja agar foton ini hanya dilepaskan bila dirangsang oleh foton lain yang identik. Jadi satu foton akan meng­hasilkan dua foton yang koheren. Memang laser me­rupakan akronim dari light amplification by stimula­ted emission of radiation (penguatan cahaya dengan pancaran radiasi yang dirangsang).

Sebagai contoh, laser mirah (mineral aluminium oksida yang mengandung kromium oksida) berupa batang, dengan kedua ujungnya ditutup cermin perak (cermin menghadap ke dalam).

Incoming search terms:

  • pengertian laser
  • penvertian laser

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian laser
  • penvertian laser