Advertisement

PENGERTIAN LIDAH – Suatu organ tubuh yang terdiri atas otot dan mengisi sebagian besar rongga mulut. Lidah terletak di dasar rongga mulut dan dibatasi oleh lengkung- lengkung gigi. Lidah dapat bergerak ke berbagai arah dan dapat berubah konfigurasinya. Pada manusia, li­dah memegang peranan penting pada waktu mengu­nyah, menelan, dan berbicara.

Secara umum lidah dibagi menjadi dua bagian, yang dipisahkan oleh suatu alur yang membentuk ga­ris berbentuk V. Sepertiga bagian belakang lidah di­kenal sebagai akar lidah, yang tidak bisa dikeluarkan dari mulut. Bagian ini diliputi oleh jaringan getah be­ning, yang dikenal sebagai tonsil lingua/is. Dua perti­ga bagian depan lidah dapat digerakkan dan dikeluar­kan dari mulut. Jaringan ikat tipis yang menghu­bungkan bagian depan lidah ini dengan dasar mulut disebut frenulum lidah.

Advertisement

Lidah terdiri atas dua kelompok otot besar, yaitu otot-otot lidah intrinsik, yang terdapat di dalam lidah, dan otot lidah ekstrinsik, yang berasal dari rangka tu­lang di sekitar lidah. Otot lidah intrinsik membentuk massa lidah dan terdiri atas berkas-berkas otot yang berjalan membujur, vertikal, maupun melintang. Ber­kas-berkas otot ini berguna untuk mengubah kontur lidah serta membantu pergerakan dan postur lidah. Otot lidah ekstrinsik terdiri atas empat pasang otot. Pada proses menelan dan berbicara, otot ini berfungsi sebagai sekat yang memisahkan rongga mulut dan ‘farings (tekak).

Bagian punggung lidah mempunyai banyak tonjol­an kecil yang disebut papil lidah. Papil-papil lidah da­pat mencerminkan kesehatan umum seseorang.

Warna permukaan lidah ditentukan oleh anyaman kapiler di bawah selaput lendir lidah dan tebalnya la­pisan yang berwarna keputihan pada permukaan li­dah. Lapisan tersebut terdiri atas sel-sel epitel yang terlepas, sisa makanan, bakteri yang menyangkut pa­da papil lidah, serta air liur yang mengering di atas permukaan lidah.

Berdasarkan penyelidikan fisiologis, paling sedikit ada empat kesan pengecap primer, yaitu asam, asin, manis, dan pahit. Kecenderungan puting kecap untuk memberikan sensasi tertentu, terletak pada daerah ter­tentu pula. Kesan rasa manis terutama terletak pada ujung lidah, sedangkan kesan rasa asin terletak pada bagian depan lidah. Rasa asam dirasakan pada pinggir lidah, sedangkan kesan rasa pahit terletak pada bagian belakang lidah.

Gangguan kesan pengecap dijumpai misalnya pada anemia pernisiosa dan glositis atau radang lidah. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya respons puting ke­cap, atau penyusutan serabut saraf.

Incoming search terms:

  • pengertian lidah
  • apa yang disebut dengan lidah??
  • definisi lidah
  • punggung lidah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian lidah
  • apa yang disebut dengan lidah??
  • definisi lidah
  • punggung lidah