PENGERTIAN MANAJEMEN ADALAH – Dalam era globalisasi manusia menjadi semakin sensitif, mudah dipengaruhi, dan karenanya sekarang ini manajemen pemerintahan semakin menjadi sangat penting untuk dipelajari dan dipraktekan. Kehidupan masyarakat semakin kompleks, manusianya semakin cerdas ilmu dan teknologi semakin canggih. Karena itu, kepemimpinan yang dilandasi oleh rasionalitas, budaya, waktu, moral dan etika serta efisiensi semakin dibutuhkan.

Dengan konsepsi kesisteman, nilai moral dalam kehidupan manajemen pemerintahan perlu ditanamkan pada setiap pemimpin. Manajemen dapat pula didefinisikan sebagai suatu proses atau kemampuan untuk mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan, yang dilakukan secara rasional melalui kegiatan orang lain. Atau, menurut Koontz dan O’Donnell, manajemen adalah pelaksanaan sesuatu dengan menggunakan orang lain (getting things done through people). Dari situ, terceminlah betapa pentingnya arti manajemen.

Dalam dunia perdagangan atau usaha niaga, pemilik usaha tidak lagi merupakan satu-satunya pihak yang menentukan keberhasilan. Keberhasilannya ternyata lebih banyak ditentukan oleh kepemimpinan dari seorang pemimpin usaha, sehingga harus ada pemisahan antara pemilik usaha dan pemimpin usaha. Dalam geoekonomi manajemen adalab sumber ekonomi dalam proses produksi, dan sama halnya dengan sumber alam, modal dan sumber daya manusianya, sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan dari pemimpin usaha.

Filed under : Bikers Pintar,