Advertisement

Kata mati berarti tidak ada, gersang, tandus, kehilangan akal dan hati nurani, kosong, berhenti, padam, buruk, lepasnya ruh dari jasad (Q : 2 : 28; 2 : 164; 33 : 52; 6 : 95)

Pengertian mati yang sering dijumpai dalam istilah sehari-hari adalah:

Advertisement
  1. Kemusnahan dan kehilangan total roh dari jasad.
  2. Terputusnya hubungan antara roh dan badan.
  3. Terhentinya budi daya manusia secara total.

Mengenai pengertian mati yang pertama dan kediia di atas, kalau dikaji dengan keterangan-keterangan yang bersumber dari agama (Islam), maka kematian bukanlah kemusnahan atau terputusnya hubungan. Kematian hanyalah terhentinya budi-daya manusia pada alam pertama, yang nanti akan dilanjutkan kehidupannya pada alam kedua. Ajaran agama menggambarkan konsepsi adanya pertalian alam dunia dan akhirat serta menggambarkan prinsip tanggung jawab manusia selama hidup di dunia. Hal ini dijelaskan dalam sabda Nabi Muhammad saw. sebagai berikut: “Apabila anak Adam telah mati, terputuslah daripadanya budi-dayanya kecuali tiga perkara:sedekah jariah, ilmu yang berguna, atau anak saleh yang mendoakan kebaikan bagi kedua orang tuanya.”

Demikian pula difirmankan Allah swt.: “Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah (bahwa mereka itu) mati, bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya” (Al-Baqarah : 54).

Advertisement