Advertisement

Suatu subras Kaukasid yang merupakan tipe lokal, dan disebut demikian karena kebanyakan bermula di sekitar Laut Tengah, lalu menyebar. Penyebarannya sepanjang tanah tinggi Eropa Tengah lewat Balkan ke Asia Kecil, menyeberang ke Kaukasus dan Turkestan; daerah ini menunjukkan kerumitan rasial, karena adanya perubahan-perubahan sejak masa Neolitik dan selanjutnya. Penyebaran berikutnya di Spanyol, menyeberang Selat Gibraltar ke Moroko dan sepanjang pantai selatan Laut Tengah menuju Afrika Timur, Jazirah Arab, Mesopotamia, dataran tinggi Persia, Afganistan, India; daerah-daerah in:’ menunjukkan kesederhanaan rasial, dengan ciri rambut brunet atau pirang yang tetap ada sampai sekarang, tanpa pengaruh atau sisa dari masa Paleolitik, kecuali di Moroko, Aljazair dan Pulau Kanari, sedangkan ke arah Eropa utara dan barat laut terutama terjadi pemisahan warna dari kelompok Mediterranid menjadi subras Nordid dengan warna kulit muda bahkan pucat dengan mata biru. Jelasnya Mediterranid ini menyebar dari Portugal, Spanyol, Perancis, Italia, Yunani, Turki, Arab, Irak, daerah Teluk Persia, Iran, Afganistan, Hadramaut, Balucistan, Palestina, Afrika Timur, Mesir, Afrika Utara, Libya, Aljazair, Tunisia, Moroko, Pulau Kanari, pulau-pulau di Laut Tengah Barat dan Basque. Dari India sampai Lautan Atlantik subras Mediterranid ini merupakan faktor yang predominan, ke arah tenggara berpengaruh pada Veddid, ke barat daya pada Negrid, ke utara dan barat sebagai turunan masyarakat berburu masa Paleolitik Atas.

Karena penyebaran dan perkembangannya yang begitu luas, sering kali subras ini dikelompokkan dalam tiga kelompok utama, yaitu:

Advertisement
  1. Mediterranid Dasar, yang meliputi Portugal, Spanyol, Italia, beberapa bagian Inggris dan Wales, Afrika Utara, Arab, Moroko Berber, dan Palestina ^ngan ciriciri antara lain tinggi badan lebih kurang ’65 sentimeter, kepala sedang sampai lonjong, hidung seropit lurus, badan semampai, kulit cokelat.
  2. Atlanto-Mediterranid, yang meliputi Afrika Utara» Irak, Palestina, sebagian Arab, Balkan Timur, sedikit Portugal, Spanyol, Inggris; juga di Afrika, tetapi di sini bercampur dengan Negrid. Ciri-cirinya antara lain badan tinggi, kepala lonjong, hidung lurus atau cembung, kulit putih, badan lebih kekar daripada Mediterranid Dasar.
  3. Mediterranid Irano-Afgan, yang terutama meliputi Iran, Afganistan, Turki, sebagian India, Arab dan Afrika Utara, dengan ciri-ciri antara lain berbadan tinggi, muka panjang, kepala tinggi, hidung bengkok seperti kait, warna rambut pirang atau brunet.

Advertisement