Advertisement

Cabang fisika teoretis yang membahas sifat mekanika dan fisika lain dari zat-zat dalam perilaku atom, molekul atau partikel penyusunnya, yang secara statistik mungkin atau bolehjadi. Tekanan gas dalam sebuah wadah misalnya, dapat dihitung oleh mekanika statistik sebagai jumlah impuls bermilyar-miliar molekul gas yang pada satu saat tertentu menabrak dinding wadah itu, baik secara tegak lurus atau miring.

Gabungan mekanika statistik dan mekanika kuantum, misalnya, mengemukakan bahwa tiap sistem mempunyai sejumlah tingkat energi. Populasi tiap tingkat dihitung sehingga energi total sistem dapat diketahui, atau sebaliknya.

Advertisement

Besarnya suatu sifat sistem yang dihitung oleh mekanika statistik mempunyai tingkat kebolehjadian (probabilitas) yang tinggi karena sistem itu terdiri atas banyak sekali partikel. Sifat sistem yang dapat dibahas oleh mekanika statistik mencakup sifat kimia fisika (misalnya kristalografik), listrik, magnet, optis maupun termal. Mekanika statistik juga diterapkan pada plasma, misalnya pada sistem ledakan nuklir atau sistem di dalam bintang bajang putih.

Advertisement