Advertisement

Bagian komputer yang berfungsi menyimpan perintah dan data, serta merupakan tempat menyimpan hasil sementara maupun hasil akhir pengolahan. Komputer memiliki dua macam memori, memori utama dan memori pembantu. Memori pembantu terdiri atas berbagai media yang dapat digunakan sebagai penyimpan, termasuk disket atau pita kaset. Sedang memori utama merupakan peranti keras {hardware) yang terdapat dalam komputer. Peranti keras ini dirancang untuk menerima data dari bagian masukan; mengubah dan mengirim data menuju unit pemroses pusat (CPU); serta untuk mengirim hasil dan data menuju unit keluaran.

Memori utama terdiri atas RAM (random ircess memory, memori capaian acak) dan ROM {read only memory, memori bacaan saja; sebenarnya istilah yang lebih tepat adalah read-write memory, namun ternyata RAM masih cukup populer). Komputer mampu membaca informasi dari, dan menulis informasi ke dalam RAM. Membaca artinya memperoleh informasi yang dibutuhkan dari lokasi tertentu untuk digunakan pada penyelesaian masalah, namun informasi itu tetap tertinggal di tempatnya. Menulis berarti memasukkan dan menyimpan informasi baru dalam lokasi tertentu. Bila lokasi telah dipakai, informasi baru itu akan merusak informasi lama yang ada di sana.

Advertisement

RAM merupakan jenis memori sementara. Meskipun dapat dibaca tanpa merusak informasi, RAM juga dapat dihapus dan ditulis ulang di atasnya. Kemudahan ini membuat RAM sangat serbaguna, sehingga dapat dipakai berulang-ulang untuk kegunaan yang berbeda. Namun di samping kemudahan, RAM juga memiliki kelemahan. Jika secara tiba-tiba sumber listrik padam, seluruh informasi pada RAM akan hilang. Hal ini tak berlaku bagi informasi yang disimpan di dalam ROM.

Bila komputer akan dipakai untuk menjalankan program misalnya menghitung pajak, saat pertama dihidupkan, RAM komputer tidak menyimpan informasi apa pun. Setelah disket program (populer dengan sebutan peranti lunak [software]) penghituno pajak dimasukkan ke dalam penggerak disket, melalui perintah tertentu, komputer mulai memasukkan (menulis) program pada RAM. Sekarang program dapat dijalankan, komputer menjalankan program dengan mengikuti perintah-perintah yang tertulis di dalam RAM. Selama perhitungan, beberapa nilai sementara harus disimpan sebelum hasil akhir didapatkan. Hasilnya juga dapat disimpan di dalam RAM (dengan mengandaikan bahwa kapasitas RAM cukup besar). Setelah menyelesaikan hitungan, program dapat diganti, misalnya program permainan. Program permainan dimasukkan ke dalam penggerak disket dengan cara yang sama. Kini RAM menyimpan program permainan program pajak rusak saat program permainan dimasukkan.

ROM adalah penyimpan informasi permanen. ROM mirip RAM, tempat program dapat dimasukkan secara acak. Akan tetapi komputer hanya dapat membaca informasi pada lokasi, tempat program dimasukkan. Dan komputer tidak dapat menulis informasi baru ke dalam ROM. ROM digunakan terutama untuk menyimpan program-program pengendali komputer atau program khusus lainnya.

EPROM {erasable programmable read only memory) merupakan salah satu jenis ROM yang kemampuannnya setingkat di atas PROM {programmable read only memory), penyimpan yang dapat diprogram oleh pemakai. Pemrograman dilakukan pada chip khusus agar menjadi permanen di dalam komputer. Meskipun programnya disimpan dalam chip seperti PROM, EPROM dapat dihapus dan diprogram ulang. Demikian pula kita mengenal EEPROM {electrically erasable programmable read only memory) yang dapat ditulis dan dihapus lagi secara listrik.

Biasanya pencarian informasi ke RAM memerlukan waktu, apa lagi kalau ukuran RAM itu besar. Adakalanya ada bagian informasi yang perlu sering dibaca dari RAM sehingga pekerjaan menjadi agak lambat. Untuk mengatasi masalah ini, di samping RAM, dibuat pula memori cache (atau asosiatif) dengan ukuran kecil, tetapi berkecepatan tinggi. Bagian informasi yang pada suatu saat sering ditulis-baca, dimasukkan ke dalam memori cache ini sehingga pekerjaan dapat dipercepat.

Incoming search terms:

  • pengertian memory write
  • pengertian read write memory
  • penjelasan read/write

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian memory write
  • pengertian read write memory
  • penjelasan read/write