Advertisement

Suatu kuman yang nama jenisnya Neisseria meningitidis. Kuman ini bersifat negatif pada pewarnaan gram, berbentuk kokus, berpasangan,: sehingga disebut diplokok. Sesuai dengan namanya,kuman ini dapat menyebabkan meningitis atau radang selaput otak.

Pada seorang pembawa kuman atau karier, mengokok dapat ditemukan dalam tenggorokan tan ‘ menimbulkan gejala. Kuman dapat ditularkan kepajj orang-orang di sekitarnya lewat butir-butir air lUH u pembawa kuman, yaitu pada waktu batuk atau ni pada waktu berbicara. Selanjutnya kuman akan ber kembang biak di dalam tenggorokan dan menyebar ke selaput otak secara langsung lewat selubung saraf pencium atau sinus. Penyebaran secara tidak langsun terjadi lewat saluran getah bening dan peredaran da rah. Radang selaput otak oleh meningokok terutama mengenai balita.

Advertisement

Ventilasi yang kurang baik, hawa dingin, banyak angin, pakaian yang kurang memadai, dan kelelahan merupakan faktor predisposisi yang memudahkan pe. nyebaran penyakit ini. Pencegahan dapat dilakukan dengan memberikan vaksinasi atau antibiotika tertentu, misalnya rifampisin.

Advertisement