Advertisement

Suatu emulsi antara lemak susu dan air. Air ini jenuh akan zat-zat yang terdapat dalam susu, misalnya laktosa dan protein, demikian pula lemak susu itu. Margarin sebagai mentega tiruan terbuat dari minyak nabati (biasanya dihidrogenasi sebagian terlebih dahulu) dan air, dengan diberi pewarna kuning. Umumnya mentega dibuat dari susu sapi, namun susu ternak lain seperti kerbau, domba, kambing, onta, dan kuda, juga dibuat mentega oleh berbagai bangsa dan suku bangsa. Wr.ma mentega bergantung pada macam ternak, dan pakannya. Sapi yang diberi maka rumput menghasilkan mentega yang lebih tua warn nya daripada hasil dari sapi yang makan padian.

Dalam industri rumahan mentega dapat dibuat da ‘ krim susu yang kandungan lemaknya di atas 30 per sen. Bila diambil dari lemari es, krim itu harus dibiar” kan menghangat ke suhu kamar selama kira-kira 15 menit, lalu dikocok selama 30 menit dengan pengo, cok telur (dengan mixer atau blender listrik, cukun selama lima menit). Setelah mentega itu terbentuk air yang berlebih (,buttermilk) dituang keluar sebisanya dan sisa susu ini diciduki dengan sendok kayu. [Susu (bekas) mentega ini masih mengandung banyak pro. tein (misalnya kasein) dan karbohidrat (laktosa), dan disebut susu berlemak-rendah]. Kemudian menteganya dicuci dengan air. Jika diinginkan mentega asin mentega itu dicampuri garam (1 sendok ten garani untuk 1 liter krim) yang diusahakan agar larut dalam butiran air dalam mentega dengan mengaduknya dengan sendok kayu.

Advertisement

Orang Hindu (India), Cina, dan Yahudi telah mengenal mentega ribuan tahun yang lalu. Orang Yunani dan Romawi kuno menggunakan mentega bukan sebagai makanan saja, tetapi juga sebagai obat dan kosmetika. Diduga mentega sudah dikenal oleh penggembala prasejarah yang berpindah-pindah, sehingga mentega termasuk salah satu produk susu yang tertua.

 

Incoming search terms:

  • pengertian mentega

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian mentega