Advertisement

Suatu jenis burung yang berkerabat dekat dengan ayam dan daerah sebarannya di Indonesia hanya di Pulau Jawa. Kepopulerannya tampak jelas pada tarian Reog Ponorogo. Hiasan reog yang berasal dari Jawa Timur ini terbuat dari bulu burung merak hijau. Tubuhnya lebih besar dibandingkan ayam. Merak hijau betina lebih kecil daripada yang jantan. Selain itu, betinanya tidak mempunyai bulu hias. Seperti ayam, yang jantan lebih menarik daripada yang betina, terutama pola warna bulunya. Bulu hias yang terdapat pada bagian ekornya menjadi ciri khas merak, baik komposisi warna, bentuk, maupun ukurannya. Bulunya tersusun atas 100150 lembar, dengan bulu terpanjang yang dapat mencapai 1.400 1.600 milimeter. Warna dasar bulu hijau mengkilat. Bulu ekomya berbentuk cincin dengan pola warna menarik, yang semakin ke ujung semakin beraneka warna, yaitu ungu, biru, cokelat, dan hijau mengkilat. Warna bulu ini akan memantul bila terkena cahaya. Mahkota kepalanya berbentuk meruncing ke atas.

Pakan merak hijau biji-bijian, dedaunan, bunga-bungaan, buah-buahan, dan hijauan lainnya, serta binatang kecil dan amfibi kecil. Merak terdapat di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Merak hidup di hutan terbuka, semak-semak, serta rumput yang tinggi, dan pohon sebagai tempat tinggal dan tempat bertengger.

Advertisement

Pada musim kawin, merak hijau hidup berkelompok. Setiap kelompok terdiri atas satu jantan dengan 3-5 betina. Sering juga merak hidup menyendiri di hutan. Musim kawin terjadi pada bulan Juni sampai Agustus. Pada musim ini, burung jantan membuat suatu tarian untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Dalam tarian tersebut, merak jantan menggerakkan bulu-bulu hias yang ditegakkannya. Akibatnya, bulu hias ini berbentuk melingkar seperti kipas raksasa. Kepala merak jantan diletakkan di tengah-tengah bulu hiasnya; lalu bulu hias ini diangguk-anggukkan dan digerakkan seperti gerakan kipas raksasa yang sangat memesona.

Setelah musim kawin, merak betina membuat sarang di padang ilalang atau semak belukar dalam hutan terbuka. Sarangnya berasal dari susunan ranting atau dedaunan. Setiap musim berbiak, merak betina dapat bertelur 3-5 butir. Warna telurnya krem sampai cokelat sawo matang, dan ukurannya sedikit lebih besar daripada telur itik. Telur ini dierami induk betina selama kira-kira 28 hari.

Klasifikasi llmiah. Merak hijau termasuk suku Phasianidae; nama ilmiahnya Pavo muticus.

Incoming search terms:

  • ringkasan ciri ciri merak

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • ringkasan ciri ciri merak