Advertisement

Raksa atau air raksa, suatu logam cair berwarna perak yang sudah dikenal dalam peradaban kuno (Cina, Mesir, Yunani, Hindu, dan Romawi). Nama itu berasal dari nama utusan dewa-dewa yang lincah dalam mitologi Yunani kuno. Meskipun kelimpahannya sangat rendah (83 bagian tiap miliar), raksa tidak dianggap unsur langka, karena depositnya kaya.

Logam ini dan senyawanya banyak digunakan. Logamnya digunakan dalam barometer dan termometer. Pertanian dan industri menggunakan merkurium di mana-mana dan limbahnya terdapat di mana-mana padahal merkurium dan senyawanya bersifat racun.

Advertisement

Logam dengan lambang kimia Hg; nomor atom 80massa atom relatif 200,59 ini membeku pada 38,87°C dan mendidih pada 356,58°C. Rapatannya 13,6 gram/sentimeter kubik.

Logam merkurium digunakan karena beberapa sifatnya: koefisien muai termalnya seragam, menghantar arus listrik, tidak membasahi kaca. Uap merkurium digunakan dalam lampu pendar. Aliase dengan logam lain (disebut amalgam) banyak digunakan; amalgam perak untuk menambal gigi berlubang, dan amalgam zink dan kadmium untuk membuat baterai.

Kebanyakan merkurium berasai dari cinnabar, bijih merkurium. Bijih ini dipanaskan dalam aliran udara. Belerang akan teroksidasi menjadi belerang dioksida dan merkurium logam akan tertinggal. Cinnabar terdapat di Chile, Cina, Cekoslowakia, Iran, Italia, Jepang, Meksiko, Peru, Filipina, Rusia, Turki, America Serikat, dan Yugoslavia.

Merkurium menggunakan bilangan oksidasi +1 dan +2 dalam senyawanya. Kalomel [merkurium(I) klorida] digunakan sebagai zat antiseptik dan dalam percobaan elektrokimia. Merkurium(I) sulfat digunakan dalam kimia analisis. Sublimat atau merkurium(II) klorida merupakan desinfektan kuat. Merkurium(II) fulminat adalah bahan detonator. Merkurium(II) sulfida adalah pigmen vermillion untuk cat. Baterai merkurium menggunakan merkurium(II) oksida. Beberapa senyawa organomerkurium digunakan sebagai obat, antara lain merkurokrom.

Efek faali. Garam merkurium bersifat sangat mudah larut dan daya kerjanya kuat, sedangkan garam merkuro kelarutannya rendah dan daya kerjanya lemah serta lambat. Garam merkurium sangat beracun, baik bagi manusia maupun bakteri. Larutan pekatnya ada yang bersifat kaustik, sedangkan larutan encernya bersifat sebagai iritan. Bila masuk ke dalam tubuh, efek pertamanya adalah merangsang gerakan peristaltik usus dan memperlancar aliran empedu sehingga garam merkurium pernah dipakai sebagai pencahar. Garam merkuro mempunyai efek yang kira-kira sama, namun dalam tingkat yang lebih ringan. Garam merkurium sering dipakai sebagai antiseptik atau desjnfektan. Misalnya, merkurokrom yang dipakai sebagai antiseptik bagi luka pada kulit, salep kulit merkurjUni amoniak, dan salep mata merkuri oksida. Garam organik kompleks merkurium, yaitu mersalil, pernah dipakai sebagai obat pelancar air seni.

Pencemaran lingkungan oleh merkurium. Sudah lama diketahui bahwa uap raksa berbahaya bagi kesehatan bila terhirup, sehingga dalam industri alat listrik dan industri lain, raksa merupakan bahaya yang serius. Dalam tubuh manusia, raksa teroksidasi menjadi senyawa anorganik dan kemudian tertumpuk pada ginjal dan menimbulkan diuresis. Gejala dini adalah mata kabur, pendarahan pada langit-langit dan rasa loga Gejala lebih jauh gemetaran, hilangnya nafsu makan, dan gangguan emosi.

Banyaknya senyawa raksa (organik maupun anoraanik) yang terbuang ke dalam lingkungan menyebabkan ancaman kesehatan yang makin parah.

Merkurium dapat mencemari makanan seperti telur, ikan, gandum, dan daging. Metilmerkurium yang dibuang ke Teluk Minamata (Jepang) akhirnya berkumpul pada tubuh ikan Manusia yang memakan ikan akan menderita keracunan.

Incoming search terms:

  • salep oksida merkuri
  • pengertian baterai merkurium

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • salep oksida merkuri
  • pengertian baterai merkurium