Advertisement

Planet yang terdekat dengan matahan. Jarak rata-ratanya dari matahari adalah 58 juta kilometer atau 0.387 kali jarak rata-rata bumi ke matahari. Jari-jari planet hanya 2.439 kilometer atau 0,382 kali bumi. Massanya hanya 1/18 kali massa bumi. Planet ini mengitari matahari sekali dalam 88 hari bumi. Kadang-kadang Merkurius melintas di depan piringan matahari. Peristiwa ini disebut transit. Karena letaknya yang dekat matahari planet ini hanya dapat diamati sesaat setelah matahari terbenam atau sesaa? sebelum matahari terbit. Karena posisinya yang tidalnenguntungkan dan karena ukurannya yang kecil planet ini sangat sukar diamati dari bumi.

Melalui pengamatan dengan gelombang radar pada tahun 1965 diketahui bahwa rotasi planet ini sangat lambat, yaitu 58,65 hari sekali putar; bumi berotasi sekali dalam sehari. Kala rotasi ini tepat 2/3 kali kala edamya yang 88 hari itu.

Advertisement

Pesawat antariksa Mariner 10 pada tahun 1974 mendekati Merkurius. Gambar-gambar yang dikirim pesawat ini menunjukkan permukaan yang penuh kawah sangat mirip dengan permukaan bulan. Kawahkawali itu terbentuk akibat benturan meteor selama 700 juta tahun sejak planet ini terbentuk. Pengukuran oleh Mariner 10 menunjukkan bahwa suhu permukaan planet bervariasi dari 427 hingga 173°C. Rentang variasi ini paling besar di antara semua planet. Planet ini hampir tidak mengandung atmosfer. Merkurius tidak mempunyai bulan.

Pengukuran oleh pesawat Mariner 10 menunjukkan adanya medan magnet yang kuatnya hanya seperseratus kali kuat medan magnet bumi. Di bumi, medan magnet disebabkan oleh arus listrik yang mengaliri pusat besi. Arus listrik ini diinduksi oleh rotasi bumi. Penernuan medan magnet di Merkurius merupakan hal di luar dugaan mengingat planet ini berotasi amat lambat. Penemuan ini menyarankan bahwa Merkurius memiliki pusat besi yang besar. Jari-jari pusat besi ini ditaksir 70 hingga 80 persen jari-jari planet.

Incoming search terms:

  • pngrtian butiran merkuriu

Advertisement
Filed under : Uncategorized, tags:

Incoming search terms:

  • pngrtian butiran merkuriu