Advertisement

Peranti yang dapat membuat cetakan huruf atau lambang di atas kertas, dan hasilnya menyerupai cetakan. Sekarang, mesin yang pengoperasiannya sangat mudah ini dapat dijumpai dalam berbagai jenis, mulai dari yang konvensional sampai jenis otomatis yang memiliki unit penyimpan data. Mesin ketik generasi terbaru dilengkapi tampilan dengan pilihan berbagai jenis huruf, juga pita yang dapat menghapus pengetikan yang salah.

Setiap mesin ketik dilengkapi dengan papan ketik. Hingga kini, tercatat lebih dari 400 jenis papan ketik yang pernah diproduksi. Tetapi, agar tak menyulitkan konsumen, pabrik-pabrik bersepakat membuat papan ketik dengan susunan standar. Papan ketik memuat 42 sampai 48 kunci dan karena masing-masing dapat memuat 2 karakter, papan ketik ini bisa menampung 96 karakter yang terdiri atas huruf kapital, huruf kecil, angka, dan tanda-tanda baca. Pada jenis konvensional, tebal tipisnya huruf yang tercetak bergantung pada keras lemahnya ketukan jari di atas papan ketik. Namun mesin generasi terbaru memanfaatkan energi listrik untuk pencetakan, sehingga tebal tipisnya huruf tak bergantung pada kekuatan sentuhan operator pada tombol. Huruf dapat tercetak hanya dengan sentuhan ringan di atas tombol.

Advertisement

Sebagian besar mesin ketik konvensional, listrik, maupun elektronik, memiliki mekanisme dasar yang hampir sama. Di atas papan ketik terdapat deretan batang pengetuk, yang susunannya membentuk setengah lingkaran, dan pada ujungnya terdapat pencetak huruf dari logam. Satu pencetak berisi dua karakter. Bila tombol diketuk, melalui mekanisme tertentu, tenaga disalurkan untuk menggerakkan batang pemukul yang bersesuaian dengan huruf yang dikehendaki. Pencetak ini akan memukul pita bertinta yang di belakangnya terpasang kertas.

Pada bagian teratas mesin terdapat silinder atau rol dari karet keras yang berfungsi memegang dan menggerakkan kertas. Selain itu, rol karet juga berfungsi sebagai landasan cetak, tempat batang pemukul mencetakkan hurufnya pada pita bertinta dan kertas. Bagian-bagian itu menurut urutan kedudukannya ialah pencetak logam, pita, kertas, dan landasan rol karet. Setelah setiap pengetukan, rol karet beserta kertas secara otomatis akan bergerak ke kiri satu ketukan.

Agar dapat mengoperasikan berbagai ukuran kertas, hingga kini telah dikenal beberapa macam panjang rol karet. Tiga yang paling populer adalah 80, 120, dan 160 inci, masing-masing untuk kertas yang dipasang tegak, melintang, dan untuk kertas berukuran folio rangkap.

Setiap huruf atau tanda baca lain pada sebagian besar mesin ketik mengisi ruang kosong yang besarnya sama di atas kertas. Namun mesin ketik tertentu memakai ruang yang didasarkan atas perbandingan ukuran huruf, sehingga ruang kosong yang dibutuhkan tiap karakter berlainan menurut ukuran hurufnya.

Bel akan berbunyi untuk memperingatkan pengetik bila garis batas akhir hampir terlampaui. Mekanisme penyetop yang dapat diatur sesuai kebutuhan dapat menghentikan pengetikan pada batas margin, baik margin kiri maupun kanan. Sebagian besar mesin ketik juga dilengkapi dengan pembalik gerak pita otomatis, pengungkit untuk mengembalikan kedudukan rol karet ke sebelah kanan, serta tabulator yang memungkinkan kedudukan bergeser ke kolom-kolom yang telah ditentukan, guna membuat tabel.

Mesin ketik listrik jenis lain tidak memiliki batangbatang pengetuk, melainkan bola pencetak yang permukaannya diukir dengan semua huruf yang diperlukan. Ketika pemakai mengetuk tombol, bola akan berputar untuk menyesuaikan karakter yang harus muncul di atas kertas, lalu mengetukkannya ke kertas. Pada mesin jenis ini kertasnya tak bergerak;

gbagai gantinya bola pencetak bergerak horizontal di sepanjang garis mengikuti ketukan yang dijalankan. gola pencetak ini dapat diganti dengan ukuran atau jnodc huruf yang lain.

Mesin ketik listrik yang tidak menggunakan pencetalc bola umumnya menggunakan pencetak yang hurufnya tersusun melingkar mirip roda. Lingkaran pencetak ini disebut daisy wheel. Roda pencetak akan berputar bersesuaian dengan tombol yang diketuk. Hingga saat sudah lebih 100 jenis huruf yang diproduksi pabrik mesin ketik untuk memenuhi kebu-tuhan pemakai, termasuk juga karakter untuk musik dalam bentuk not balok.

Mesin ketik elektronik mirip dengan mesin ketik listrik namun dilengkapi dengan layar peraga dan mij-roprosesor, yakni perangkat yang memungkinkan mesin ketik melakukan berbagai fungsi seperti pengaturan margin, spasi, dan penyimpanan data secara otomatis. Hasil pengetikan ini umumnya disimpan dalam disket atau kartu magnetik, sedangkan pencetakannya dilakukan pada mesin cetak khusus yang berkemampuan cetak sampai 600 kata per menit. Pada mesin ketik elektronik, susunan pencetak hurufnya bergerak horizontal mengikuti ketukan, sedangkan rol karetnya tidak ikut bergerak.

Sefarah Perkembangan. Paten mesin ketik pertama kali tercatat pada bulan Januari 1714. Paten ini atas nama Henry Mill, ahli teknik Inggris. Sedikit yang diketahui tentang mesin ini, kecuali keruwetan dan ketakpraktisannya. Paten mesin ketik pertama yang diakui oleh kantor paten Amerika Serikat adalah atas nama Austin Burt. Mesin ketik yang patennya diterima pada tahun 1829 ini menyerupai kotak sabun, sedangkan salah satu sisinya memiliki penampakan seperti jam dinding.

Mesin ketik agak praktis dan tak rumit pertama dipatc ikan oleh tiga warga Amerika Serikat, yakni Christopher Latham Sholes, Carlos Glidden, dan Samuel W. Soule, pada tahun 1868. Karena keberhasilannya, sebagian besar awam mengakui mereka sebagai pencipta mesin ketik yang pertama. Kemudian mereka terus-menerus menyempurnakan bentuknya, dan pada tahun 1873, terciptalah bentuk mesin ketik yang akhirnya dijadikan bentuk dasar mesin ketik hingga saat ini. Tahun 1874, publik sudah dapat menggunakan mesin ketik karena pabrik senjata milik Philo Remington memperbanyak dan memperdagangkan mesin ini.

Dua tahun sebelum mesin ketik manual mulai dipasarkan, tepatnya tahun 1872, meskipun belum terwujud, Thomas Edison sudah mempatenkan mesin ketik listrik rekaannya. Namun mesin ketik yang memanfaatkan energi listrik ini baru terwujud pada tahun 1908, ketika Blickensderfer Typewriter Company mulai memproduksi mesin ketik listrik untuk dipasarkan.

Penghasil mesin ketik listrik dan elektronika terpopuler saat ini, International Business Machines (IBM), mulai ikut terjun memproduksi mesin ketik pada tahun 1933. Dengan berbagai percobaan yang dilakukan lembaga risetnya, mesin ketik menjadi makin mudah dan cepat dioperasikan. Pada tahun 1969, IBM memperkenalkan mesin ketik dengan pita atau kartu magnetik yang dapat menyimpan hingga 8.000 nuruf, dan dapat dimunculkan kembali untuk dicetak dalam waktu sekejap.

Incoming search terms:

  • pengertian mesin ketik
  • pengertian mesin tik
  • pengertian mesin ketik manual
  • pengertian mesin tik manual
  • pengertian mesin tulis
  • pengertian mesin tik adalah
  • Apa yang di maksud dengan mesin tulis
  • jelaskan pengertian mesin tik
  • definisi mesin ketik
  • apa yg dimaksud dengan mesin tik

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian mesin ketik
  • pengertian mesin tik
  • pengertian mesin ketik manual
  • pengertian mesin tik manual
  • pengertian mesin tulis
  • pengertian mesin tik adalah
  • Apa yang di maksud dengan mesin tulis
  • jelaskan pengertian mesin tik
  • definisi mesin ketik
  • apa yg dimaksud dengan mesin tik