Advertisement

Alat yang mengubah energi gerak menjadi tenaga listrik, atau sebaliknya. Mesin listrik paling sederhana adalah mesin listrik Rheem Hoff, yang menggunakan prinsip gesekan antara dua jenis bahan tertentu sehingga terjadi penyearahan muatan. Proses penyearahan berlangsung di dalam lempenglempeng konduktor, dan hasilnya disimpan di dalam kapasitor botol Leiden. Dengan lempeng yang berputar dalam arah berlawanan dengan letak sikat yang tepat, bisa dihasilkan tegangan cukup tinggi untuk meloncatkan bunga api di antara celah bola dengan jarak tertentu.

Mesin listrik yang sekarang banyak digunakan umumnya menggunakan prinsip elektromagnetik. Umumnya mesin-mesin listrik dapat bekerja timbal balik, sebagai motor maupun sebagai generator; sebagai generator, kalau konduktor bergerak dalam medan magnet, sehingga konduktor dapat menginduksi tegangan yang arahnya menentang fluks medan magnet utama yang menimbulkannya; sebagai motor, kalau konduktor dialiri arus di bawah medan magnet, sehingga konduktor akan menimbulkan gaya yang mampu menggerakkannya.

Advertisement

Arah medan magnet di luar magnetnya sendiri dari utara ke selatan, di dalam magnet sebaliknya. Untuk elektromagnetik, kutub dilihat dari arah arus yang mengalir pada konduktornya; bila arah arus sesuai dengan arah jarum jam, sisi itu kutub selatan dan yang sebaliknya adalah kutub utara.

Incoming search terms:

  • pengertian mesin listrik

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian mesin listrik