Advertisement

Menggunakan tenaga yang dibangkitkan oleh uap atau kukus bertekanan tinggi. Pembakaran bahan bakar mengubah air menjadi uap yang merupakan fluida kerja mesin ini. Tenaga yang dihasilkan digunakan untuk menekan piston yang menggerakkan roda-roda lokomotif atau memutar turbin pembangkit tenaga listrik. Mesin uap mampu menghasilkan kekuatan hingga ratusan dayakuda karena itu dapat digunakan untuk menjalankan mesin-mesin pabrik atau baling-baling kapal laut.

Pada abad pertama Masehi meskipun masih berupa gambar, rancangan mesin uap sudah ada. Penciptanya seorang ilmuwan Mesir, Hero. Tetapi penelitian sistematika mesin uap pertama kali mungkin dilakukan oleh Giovanni Battista della Porta dalam bukunya yang membahas pemampatan udara. Buku ini  diterbitkan pada tahun 1601. Battista menulis bahwa pompa bisa tercipta dengan memanfaatkan kevakuman yang terjadi saat uap diembunkan kembali menjadi cairan. Ketika menjadi embun lagi, cairan membutuhkan ruang yang lebih kecil dibanding saat menjadi uap. Jika pengembunan terjadi di dalam ketel atau ruang tertutup, kevakuman ruangan menciptakan tenaga yang dapat dipergunakan.

Advertisement

Seorang warga Inggris, Thomas Savery, pada tahun 1698 mematenkan mesin uap yang dapat melakukan kerja. Mungkin ini adalah penciptaan mesin uap sesungguhnya yang pertama kali. Namun sebagian besar orang awam salah mengerti dan menganggap James Wattlah pencipta mesin uap pertama kali. Sebetulnya Watt hanya mengubah rancangan mesinmesin uap sebelum itu, termasuk ciptaan Thomas Savery ini. Sistem yang dipakai pada mesin uap Watt berhasil mengurangi biaya operasi mesin uap yang tercipta sebelumnya dan membuatnya lebih bermanfaat untuk fungsi lain, selain sebagai pompa.

Pada tahun 1712, Thomas Newcomen, juga warga Inggris, menciptaKan Dompa uap jenis lain. Mesin ini dilengkapi balok uorizontal besar yang berfungsi seperti jungkitan. Ketika James Watt memulai eksperimennya pada tahun 1763, mesin-mesin Newcomen merupakan mesin uap terbaik saat itu. Namun Watt berpikir bahwa mesin Newcomen sangat tidak efisien, pemakaian uap dalam jumlah sangat besar membutuhkan sangat banyak bahan bakar. Proses pemanasan dan pendinginan silinder secara bergantiganti menyebabkan banyak panas terbuang sia-sia. Atas dasar itu Watt menciptakan mesin uap yang letak pengembun dan silindernya terpisah, sehingga pros pemanasan dan pendinginan berlangsung terpisah da silinder selalu tetap panas.

Watt mematenkan mesin uapnya pada tahun 1759 Tahun-tahun berikutnya ia berusaha menyempurna” kan mesin uapnya. Perubahan terpenting mesin ua” Watt adalah digunakannya prinsip reaksi ganda. Padjj mesin-mesin dengan prinsip ini, uap pertama kali dimanfaatkan untuk mendorong salah satu sisi piston agar piston maju dan setelah itu uap kedua mendorong sisi lainnya untuk mengembalikan posisi piston. Prjn. sip ini kemudian menjadi dasar perkembangan semua mesin uap yang tercipta setelah itu. Keberhasilan sistem baru ini membuat awam berpikir bahwa Wattlah pencipta pertama mesin uap.

Setelah itu muncul penggunaan kukus bertekanan tinggi. Watt tidak pernah melakukan percobaan dengan kukus bertekanan tinggi karena khawatir akan terjadi ledakan. Tekanan mesinnya tak pernah lebih besar daripada tekanan udara, atau sekitar 103 kilopaskal. Pada awal tahun 1800-an, seorang warga Inggris, Richard Trevithick, mendesain dan membuat mesin kukus bertekanan tinggi pertama kali. Mesin temuannya dioperasikan pada tekanan 207 kilopaskal. Tahun 1815, Oliver Evan mengikuti jejak Trevithick. Warga Amerika Serikat ini membuat mesin yang menggunakan tekanan uap 1.379 kilopaskal Generasi terakhir mesin uap mencapai tekanan di atas 7.000 kilopaskal.

Cara Kerja Mesin Uap. Mesin uap tidak menciptakan tenaga. Dengan fluida uap, mesin ini mengubah panas yang dilepas pembakaran menjadi putaran atau gerakan maju-mundur yang menghasilkan kerja. Mesin uap memiliki ketel untuk mengubah air menjadi uap dengan bantuan panas dari pembakaran bahan bakar. Uap mengembang, membutuhkan ruangan beberapa kali lebih luas daripada luas ruangan semula yang dibutuhkan air. Pengembangan energi ini dapat dimanfaatkan melalui dua cara, menekan piston maju-mundur atau memutar turbin.

Mesin piston uap merupakan mesin uap yang dilengkapi sederet piston yang bergerak maju-mundur di dalam silinder. Sistem katup dipakai untuk meloloskan uap ke dalam silinder dan menggerakkan piston maju, lalu uap lainnya menggerakkan piston mundur sambil membuang uap yang digunakan pertama kali. Mesin yang piston-pistonnya bergerak majumundur ini lazim digunakan untuk menggerakkan lokomotif. Pada lokomotif, gerak berputar poros engkol dihasilkan dari gerak maju-mundur piston.

Turbin uap menghasilkan gerak berputar. Turbin uap memiliki beberapa pasang sudu roda yang terpasang pada poros panjang. Uap bertekanan tinggi melalui nozel memancar hingga mengenai sudu-sudu roda dan menyebabkannya berputar. Turbin uap ini lazim digunakan untuk memutar generator listrik dan baling-baling kapal laut.

Incoming search terms:

  • fungsi mesin uap
  • mesin uap
  • Kegunaan mesin uap
  • pengertian mesin uap
  • manfaat mesin uap
  • bahan bakar mesin uap
  • cara kerja mesin uap
  • jenis mesin uap
  • mesin mesin uap
  • apa itu mesin uap

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • fungsi mesin uap
  • mesin uap
  • Kegunaan mesin uap
  • pengertian mesin uap
  • manfaat mesin uap
  • bahan bakar mesin uap
  • cara kerja mesin uap
  • jenis mesin uap
  • mesin mesin uap
  • apa itu mesin uap