Advertisement

PENGERTIAN MESJID AL-HARAM

Sebuah mesjid di Mekah tempat Kabah berdiri. Mesjid ini biasa disebut Baitu ‘1Haram dan termasuk mesjid tertua. Tempat ini merupakan tempat suci sejak jaman Nabi Ibrahim as. Selain Kabah dalam lingkungan mesjid ini terdapat makam Ibrahim, hijir Ismail, dan sumur zamzam. Pada waktu kota Mekah jatuh, mesjid ini dibersihkan oleh Nabi Muhammad saw. dan umat Islam dari berhala sembahan orang Quraisy.

Advertisement

Sejak tahun 8 Hijriah mesjid ini ditetapkan sebagai tempat ibadat umat Islam. Semula Mesjid al-Haram merupakan tempat terbuka, kemudian Khalifah Umar dan Usman membuat dinding. Pada masa pemerintahan Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah para khalifah mengadakan perluasan untuk menampung umat Islam yang makin bertambah. Usaha perbaikan tersebut berlanjut sampai saat ini.

 

 

PENGERTIAN MESJID AQSHA

Berarti mesjid yang jauh. Nama mesjid ini disebutkan dalam al-Quran dalam surat al-Isra yang menceritakan peristiwa Isra. Yang dimaksud dalam ayat ini adalah Baitu ‘l-Maqdis, kiblat pertama umat Islam, yang terletak di Iliya, Yerusalem. Pada mesjid ini terdapat kuil Sulaiman yang dibangun sekitar tahun 970 SM. Kemudian khalifah Abdu ‘1-Malik bin Marwan (685-705) membangun sebuah mesjid di bagian selatan kuil tempat sebuah batu besar (shakhrat), karena itu mesjid tersebut disebut Mesjid Shakhrat. Konon di tempat itu pernah berdiri sebuah gereja yang dibangun Kaisar Yustinianus.

 

 

PENGERTIAN MESJID NABAWI

Didirikan di kota Madinah pada saat Nabi Muhammad saw. hijrah dari Mekah ke Madinah. Mesjid ini dibangun di atas sebidang tanah yang dibeli dari dua anak yatim asuhan Asas bin Zararah. Nabi Muhammad saw. terjun langsung dalam pembangunan mesjid tersebut bersama para sahabat baik kaum Muhajirin maupun kaum Anshar. Nabi Muhammmad saw. dan istri-istrinya tinggal di sebelah mesjid ini, begitu pula para sahabat Nabi Muhammad saw. yang dikenal sebagai ahlu ‘l-suffah.

Mesjid Nabawi berfungsi tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat kegiatan Nabi Muhammad saw. memimpin umat Islam. Perluasan Mesjid Nabawi dilakukan pada jaman Khalifah Umar ibnu ‘1-Khaththab hingga sekarang.

Incoming search terms:

  • aeti masjid al haram

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • aeti masjid al haram