Advertisement

Berarti tempat sujud, yaitu tempat melakukan sembahyang. Yang dimaksud dengan mesjid adalah bangunan yang didirikan umat Islam untuk melakukan sembahyang Jumat selain sembahyang rawatib (wajib lima waktu) secara berjamaah.

Bangunan mesjid umumnya langsung menghadap kiblat. Di bagian depan ada mihrab, biasanya agak menonjol ke arah kiblat, tempat imam memimpin sembahyang. Selain itu ada juga mimbar tempat khatib menyampaikan khotbah. Pada mesjid-mesjid lama mimbar terletak agak ke tengah, sedangkan pada mesjid baru biasanya terletak di dekat mihrab, bahkan dalam mihrab. Mesjid pun mempunyai menara tempat bilal mengumandangkan azan; sekarang menara lazim menjadi tempat alat pengeras suara. Mesjid juga menyediakan tempat wudu dan kamar kecil.

Advertisement

Walau tujuan utama pembangunan mesjid adalah untuk tempat sembahyang, sejak awal masa Islam mesjid berfungsi pula sebagai pusat pembinaan jamaat dan umat Islam. Beberapa kegiatan yang selalu meramaikan mesjid adalah kegiatan pendidikan dalam bentuk pengajian atau mesjid ta’lim, mulai dari pelajaran membaca al-Quran untuk anak-anak hingga pembahasan ilmu-ilmu keislaman, seperti ilmu tawhid dan ilmu fikih. Akhir-akhir ini beberapa mesjid mempunyai lembaga pendidikan formal agama maupun umum, mulai dari taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi. Mesjid juga melakukan kegiatan sosial seperti menyelenggarakan poliklinik umum.

Dalam kaitan dengan lingkungan jamaahnya, dikenal juga ungkapan mesjid jami’, yaitu mesjid untuk lingkungan terbatas. Saat ini, untuk mesjid jami’juga dipakai ungkapan mesjid agung.

Di Indonesia terdapat berbagai organisasi yang memperlancar roda kehidupan mesjid, antara lain, Ikatan Mesjid dan Musala Indonesia (Imami), Ikatan jvlesjid Indonesia (Ikmi), Persatuan Mesjid Indonesia (permi), Hai’ah Ta’miri ‘1-Masajis Indonesia (HTMI), Ikatan Mesjid dan Musala Indonesia Muttajiidah (IMMIM), Majelis Ta’miru ‘1-Masajid Muhamniadiyah, Majelis Kemesjidan al-Wahliyah, dan Majelis Kemesjidan MDI. Organisasi tersebut mencerininkan golongan yang berkembang di kalangan umat Islam. Untuk menyerasikan langkah organisasi tersebut didirikan Dewan Mesjid Indonesia. Selain organisasi mesjid yang bersifat lokal atau nasional terdapat juga organisasi mesjid tingkat regional seperti Dewan Mesjid Asia Pasifik dan Dewan Mesjid Eropa, dan tingkat internasional, yakni Dewan Mesjid Sedunia.

Incoming search terms:

  • pengertian mesjid

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian mesjid