Advertisement

Kilatan cahaya yang melintas cepat di langit. Sering kilatan itu disebut “bintang jatuh” tetapi sebenarnya bukan bintang. Peristiwa ini terjadi karena adanya benda kecil dari ruang antarplanet yang jatuh ke bumi. Kecepatan jatuhnya 15 hingga 70 kilometer per detik. Karena pergesekan dengan atmosfer suhunya naik dan terjadi pijaran. Umumnya meteor sudah habis terbakar sebelum mencapai permukaan bumi.

Namun ada juga yang dapat mencapai permukaan bumi. Setelah jatuh benda ini disebut meteorit. Ketika masih bertebaran di ruang antarplanet benda ini disebut meteoroid. Meteor lebih sering terlihat setelah tengah malam daripada sebelum tengah malam.

Advertisement

Bila bumi melintasi ekor komet atau bekas komet, maka sejumlah besar partikel ekor komet itu menghujani bumi. Pada saat itu orang bisa melihat banyak meteor berjatuhan (beberapa puluh dalam satu jam;.

Peristiwa ini disebut hujan meteor. Dalam setahun terjadi beberapa hujan meteor dan waktunya dapat diramalkan. Sebenarnya lintasan jatuh partikel-partikel ini hampir sejajar. Tetapi karena efek perspektif, seperti pada rel kereta api, lintasan mereka tampak bertemu di suatu titik. Mereka seolah-olah memancar dari rasi tertentu. Hujan meteor ini dinamakan sesuai dengan nama rasi tempat pancaran hujan meteor itu berasal, misalnya Lirid (dari rasi Lira); Orionid (dari rasi Orion).

Incoming search terms:

  • pengertian meteor
  • definisi meteor

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian meteor
  • definisi meteor