Advertisement

Seorang sarjana antropologi tidak hanya harus menganalisa kebudayaan dengan merincinya dengan berbagai cars dalam unsur-unsur kecil, lalu mempelajari unsur-unsur itu secara detil, melainkan juga harus berupaya memahami kaitan antara tiap unsur kecil itu. Selanjutnya kaitan antara setiap unsur kecil itu dengan keseluruhannya. Dengan perkataan lain, is harus memahami masalah integrasi dari unsur-unsur kebudayaan. Para ahli biologi biasanya memakai istilah holistik untuk menggambarkan metode tinjauan yang mendekati suatu kebudayaan sebagai suatu kesatuan yang terintegrasi.
Ilmu antropologi memang telah mengembangkan beberapa konsep yang dapat dipakai untuk memahami berbagai macam kaitan antara beragam unsur kecil dalam suatu kebudayaan. Para ahli sudah sejak lama mengetahui adanya integrasi atau jaringan terkait antara unsur kebudayaan itu, namun kesadaran akan perlunya masalah integrasi kebudayaan itu baru dipelajari secara mendalam setelah tahun 1920, dan baru sesudah itu masalah integrasi menjadi bahan diskusi dalam teori.
Dalam pada itu, timbul beberapa konsep untuk menganalisa masalah integrasi kebudayaan. Empat di antaranya akan kita pelajari lebih khusus dalam modul ini, yaitu fungsi unsur kebudayaan, fokus kebudayaan, etos kebudayaan, dan kepribadiannya.

Incoming search terms:

  • antropologi termasuk ilmu holistik
  • antropologi istilah tentang holistik

Advertisement
Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • antropologi termasuk ilmu holistik
  • antropologi istilah tentang holistik