Advertisement

PENGERTIAN METODE PENELITIAN – Ialah tata cara melakukan suatu penelitian. Seluruh ilmu pengetahuan didasari metode penelitian. Jika dipilah satu demi satu, langkah-langkah metode penelitian merupakan tindakan yang sehari-hari dilakukan oleh setiap orang. Namun jika disatukan dalam metode penelitian, langkah-langkah tersebut merupakan alat terpenting bagi umat manusia untuk meneliti alam dan proses dalam alam.

Penelitian ilmiah biasanya dimulai dengan langkah pertama, yaitu pengamatan. Langkah pertama ini telah membatasi ruang lingkup ilmu, karena sesuatu yang tidak dapat diamati, baik langsung atau dengan bantuan suatu alat, tidak dapat diteliti secara ilmiah. Selain itu, suatu penelitian hanya dapat dilakukan terhadap peristiwa yang dapat diamati berulang kali, sehingga peristiwa yang hanya terjadi satu kali – kecuali pembentukan alam semesta-juga terletak di luar ruang lingkup ilmu.

Advertisement

Langkah kedua dari penelitian ialah permasalahan atau perumusan masalah yang akan diteliti. Berdasarkan pengamatan, seseorang akan bertanya: “Mengapa hal ini terjadi?”, atau “Mengapa hal itu terjadi dengan cara demikian?” Kemampuan untuk merumuskan suatu permasalahan merupakan kemampuan yang harus dipunyai oleh setiap ilmuwan. Setiap orang dapat melakukan pengamatan, tetapi tidak semua orang akan bertanya lebih lanjut apa dan mengapa mengenai hasil pengamatannya. Sejak ribuan tahun misalnya semua orang mengetahui bahwa benda akan jatuh ke bawah, tetapi baru Newton yang bertanya mengapa hal itu terjadi. Masalah yang dirumuskan dalam pertanyaan tersebut harus tersusun sedemikian rupa sehingga relevan dan dapat diuji. Setelah masalah dirumuskan ‘dalam bentuk pertanyaan, langkah berikutnya dalam penelitian ialah penyusunan hipotesis, yaitu jawaban-jawaban alternatif terhadap pertanyaan yang telah diajukan dalam permasalahan. Jawaban yang dirumuskan dalam hipotesis harus berdasarkan teori yang disusun dengan merujuk kepada kepustakaan yang ada, atau berdasarkan suatu kerangka teori yang dibuat atas pengalaman seorang peneliti.

Hasil eksperimen harus dianalisis, dan hasilnya kemudian merupakan bukti kebenaran suatu hipotesis, dan merupakan dasar bagi langkah kelima dalam metode ilmiah, yaitu perumusan teori. Suatu teori yang benar mempunyai nilai tinggi dalam meramalkan peristiwa yang serupa. Suatu teori tidak akan menyatakan bahwa suatu peristiwa pasti akan berlangsung, tetapi meramalkan bahwa peristiwa tersebut kemungkinan besar akan berlangsung. Beberapa teori mempunyai kemampuan meramalkan suatu peristiwa dengan ketepatan yang mendekati 100 persen sehingga dinamakan hukum alam.

Metode ilmiah membatasi ruang lingkup penelitian, sehingga sesuatu yang tidak dapat diuji dengan mengikuti prosedur metode penelitian ini akan terletak di luar ruang lingkup ilmu pengetahuan. Metode ilmiah juga menghasilkan teori-teori yang dapat dipakai oleh para ilmuwan, atau dapat diuji kembali kebenarannya. Berdasarkan hasil pengujian tersebut suatu teori lama dapat ditolak, sehingga lahirlah teori baru. Dengan demikian suatu teori ilmiah pada dasarnya tidak abadi. Metode ilmiah tidak membuat penilaian apakah suatu teori baik atau tidak. Penilaian tersebut dilakukan oleh manusia yang menggunakan hasil metode ilmiah tersebut. Metode iimiah juga tu menentukan dasar filsafat arah kegiatan ilmiah.

Incoming search terms:

  • apa yang dimaksud meramalkan dalam sebuah metopen

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • apa yang dimaksud meramalkan dalam sebuah metopen