Advertisement

Nyeri kepala yang hilang-timbul, biasanya pada satu sisi kepala saja. Nyeri kepala ini dapat dirasakan di sisi kanan atau kiri secara bergantian. Rasa nyeri ini dirasakan berdenyut di bagian belakang dan samping kepala sampai pelipis, serta di sekitar bola mata. Biasanya migrain disertai rasa mual sampai muntah, mulas, fotofobia (silau melihat cahaya), gangguan penglihatan, dan kadang-kadang disertai diare. Kumpulan gejala ini mirip tension headache, nyeri kepala yang menyertai orang yang sedang mengalami ketegangan mental, kecemasan, depresi atau frustrasi, walaupun sebenarnya merupakan dua jenis gangguan yang berbeda.

Penyebab migrain belum diketahui dengan pasti, namun diduga ada hubungannya dengan mekanisme pelebaran dan penyempitan pembuluh darah di dalam kepala. Faktor psikologis diduga juga berpengaruh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak di antara penderita migrain pada masa kanak-kanaknya tidak diperbolehkan menunjukkan rasa kesal dan marah, sehingga mereka harus menekan perasaan agar memperoleh kasih sayang orang tua. Migrain lebih banyak ditemukan pada wanita. Kadang-kadang migrain baru terjadi pada saat menopause. Namun ternyata wanita penderita migrain yang sedang hamil jarang mengalami serangan dalam masa kehamilan 3 9 bulan. Serangan migrain yang pertama kali biasanya terjadi pada usia 10-30 tahun.

Advertisement

Serangan migrain klasik sering terjadi pada pagi hari, setelah bangun tidur, dan didahului oleh gejala awal yang biasanya sudah dikenal oleh penderita, seperti gangguan penglihatan, rasa kesemutan pada anggota tubuh tertentu, telinga berdenging, atau gejala gangguan saraf. Gejala awal ini disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah ke otak. Setelah gejala awal berlalu, penderita migrain akan merasakan nyeri kepala pada salah satu sisi kepala. Hal ini disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah yang menuju ke tengkorak, yang disertai timbulnya reaksi peradangan pada dindingnya. Pelebaran dan peradangan pembuluh darah ini menimbulkan rasa nyeri yang sangat karena adanya pelepasan beberapa jenis zat kimiawi.

Advertisement