Advertisement

Berarti perpindahan dari suatu daerah tertentu ke daerah lainnya. Pada hewan dikenal migrasi pulang pergi; artinya, hewan bermigrasi dari tempat asalnya menuju tempat lain, kemudian pada waktu tertentu akan kembali ke tempat asalnya.

Migrasi mungkin terjadi jika kondisi lingkungan sudah tidak sesuai, seperti musim yang sangat dingin atau sumber makanan yang hampir tidak ada, sehingga hewan tidak bisa hidup secara layak. Dalam mengatasi kondisi demikian, hewan akan bermigrasi ke tempat yang lebih sesuai. Perpindahan ini dapat terjadi secara teratur dan bermusim, dan dikenal sebagai migrasi kembali tahunan.

Advertisement

Burung trulek adalah salah satu contoh hewan yang melakukan migrasi. Burung ini berkembang biak di bagian utara Kanada; pada musim dingin, burung ini bermigrasi ke Patagonia, bagian selatan Amerika Serikat. Jadi, dalam setahun, seekor burung membuat perjalanan sepanjang 40.000 kilometer.

Jenis burung lain, yang berkembang biak di daerah garis Lintang Utara, melakukan migrasi secara teratur menuju Indonesia bagian barat. Dari jenis-jenis yang bermigrasi itu, sekitar 60 persen berkembang biak di kawasan Paleartik Timur, yaitu yang berasal dari Rusia Timur, Mongolia, dan Cina; 25 persen dari daerah tropika atau Asia Tenggara; dan 15 persen lagi dari kawasan Oriental, yaitu India, Burma, Indocina, Malaysia, dan Indonesia bagian barat. Diperkirakan, setiap tahun, ada 1215 juta burung bermigrasi dari Paleartik Timur menuju selatan. Perpindahan ini terjadi pada musim dingin di Belahan Bumi Utara sehingga “burung-burung tersebut dapat dijumpai di Indonesia bagian barat pada bulan September sampai Februari.

Migrasi umumnya dilakukan pada malam hari, karena siang hari digunakan untuk makan. Mekanisme dari migrasi telah banyak dipelajari, baik melalui pola-pola binatang, maupun arah medan magnit bumi. Pengetahuan burung untuk bermigrasi sebagian dibawa lahir dalam plasma nutfah. Pada beberapa jenis burung yang telah diselidiki di Semenanjung Malaya ternyata dari satu jenis ada yang memiliki tanggal keberangkatan yang hanya berbeda tiga atau empat hari dari tahun ke tahun. Diduga beberapa kondisi lingkungan seperti banyak sedikitnya serangga, gugurnya daun pohon tertentu, keadaan iklim akan memberikan rangsangan untuk bermigrasi.

Jenis hewan mamalia babi hutan putih yang dijumpai di Kalimantan dan Sumatera juga melakukan migrasi, berpindah secara agak teratur mengikuti pembuahan pohon meranti. Hewan lain yang bermigrasi, antara lain, paus, ikan dendung, atau lindung, serta jenis-jenis hewan lainnya.

Dalam kependudukan, migrasi dikenal sebagai proses perpindahan penduduk, dengan tujuan menetap, dari suatu tempat ke tempat lain yang melampaui batas politik atau negara serta batas administratif atau bagian dalam satu negara. Migrasi sering juga diartikan sebagai perpindahan yang relatif permanen dari suatu daerah ke daerah lain. Ada dua dimensi penting dari migrasi, yaitu dimensi waktu dan dimensi daerah. Untuk dimensi waktu, ukuran yang pasti tidak ada, karena sulit menentukan berapa lama orang pindah tempat tinggal untuk dapat dianggap sebagai seorang migran; tetapi biasanya definisi yang digunakan telah ditentukan dalam sensus penduduk. Sebagai contoh, batasan waktu bagi penentuan migran pada sensus penduduk tahun 1961 adalah 3 bulan, sedangkan pada sensus penduduk 1971 dan 1980 6 bulan. Secara garis besar, dimensi daerah dibedakan atas (1) perpindahan antarnegara, seperti perpindahan penduduk dari satu negara ke negara lain yang disebut migrasi internasional, serta (2) perpindahan yang terjadi pada suatu negara, misalnya antarpropinsi, kota, atau kesatuan administratif lainnya yang disebut migrasi intern. Perpindahan dari satu alamat ke alamat lain atau dari satu kota ke kota lain, tetapi masih dalam batas bagian satu negara, misalnya dalam satu propinsi, disebut perpindahan lokal. Batasan unit wilayah bagi migrasi di Indonesia menurut sensus 1961, sensus 1971, dan sensus 1980 adalah propinsi.

Ada empat jenis migrasi: (1) migrasi masuk (In Migration), yakni masuknya penduduk ke satu daerah tempat tujuan {area of destination)’, (2) migrasi keluar {Out Migration), yakni perpindahan penduduk keluar dari satu daerah asal (Area of Origin)’, (3) migrasi internasional (International Migration) merupakan perpindahan penduduk dari satu negara ke negara lain. Imigrasi adalah masuknya penduduk ke suatu negara, sedangkan emigrasi adalah keluarnya penduduk dari suatu negara; (4) migrasi semasa hidup (Life Time Migration) adalah migrasi berdasarkan tempat jcelahiran. Pada waktu pencacahan sensus, orang ini bertempat tinggal di daerah yang berbeda dengan daerah tempat kelahirannya,

Beberapa definisi: (1) angka migrasi masuk, yakni angka yang menunjukkan banyaknya migran yang masuk per 1.000 orang penduduk daerah tujuan dalam waktu satu tahun; (2) angka migrasi keluar, yaitu angka yang menunjukkan banyaknya migran yang keluar per 1.000 penduduk daerah asal dalam waktu satU tahun.

Incoming search terms:

  • dimensi migrasi
  • makalah migrasi hewan
  • perpindahan burung
  • pengertian migrasi burung
  • konsep migrasi hewan
  • pengertian migrasi massal
  • jelaskan migrasi burung
  • pengertian migrasi
  • Pengertian Migrasi dan dimensinya
  • pengertian migrasi masal?

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • dimensi migrasi
  • makalah migrasi hewan
  • perpindahan burung
  • pengertian migrasi burung
  • konsep migrasi hewan
  • pengertian migrasi massal
  • jelaskan migrasi burung
  • pengertian migrasi
  • Pengertian Migrasi dan dimensinya
  • pengertian migrasi masal?