Advertisement

Salah satu bagian yang penting dalam komputer, dapat diibaratkan “otak”nya komputer, dan merupakan pusat dari segala pengolahan proses komputer. Sebagai unit pusat pengolahan atau CPU {central processing unit), ada beberapa kegiatan utama yang dilakukan oleh tiga bagian umpamanya: (1) bagian pengontrol (control unit), (2) bagian pengolahan logik atau aritmetik (arithmetic logic unit, ALU), (3) bagian pengingat utama / penyimpan data {primary storage unit).

Bagian pengontrol sesuai dengan namanya, bertugas mengendalikan kegiatan di dalam CPU ini. Bagian ini tidak menyimpan atau mengolah data, meiainkan hanya mengatur operasi kegiatan CPU ini. Bagian ini menerjemahkan instruksi dari sebuah program di dalam bagian pengingat atau penyimpan data dan menghasilkan isyarat yang memerintahkan rangkaian untuk melakukan instruksi tersebut. Bagian ini juga mengatur kegiatan keluar masuknya data ke dan ^ri mikroprosesor. Bagian ini mengatur bagaimana dan kapan data dan instruksi yang diterima dimasukkan ke bagian pengingat. Demikian juga, bagian ini mengatur kapan data dari bagian pengingat dikeluar^an sebagai hasil keluaran ke bagian lain.

Advertisement

ALU. Operasi logik dan perhitungan aritmetik dilakukan di bagian ini. Karena bagian terbesar dan terpenting proses pengolahan di dalam komputer menyangkut proses perhitungan dan perbandingan, kemampuan komputer sering kali bergantung pada disain dan kemampuan ALU-nya. ALU tidak menyimpan data, tetapi mengolahnya. Operasi yang umumnya dilakukan oleh ALU dari sebagian besar mikroprosesor adalah: (a) penambahan, (b) pengurangan, (c) operasi logik seperti OR, AND, EXCLUSIVE OR. Dari operasi dasar di atas, dapat dilakukan berbagai jenis pengolahan data, sesuai dengan program yang diberikan.

Bagian pengingat utama menyimpan instruksi, data yang diberikan, dan hasil pengolahan. Mula-mula datadikirim dari unit input ke bagian pengingat utama ini. Data tersebut disimpan sampai diperlukan untuk proses pengolahan. Data yang sedang diproses dan hasil sementara dari ALU juga disimpan di sini. Hasil akhir juga disimpan di sini, sampai bagian pengontrol memberikan instruksi untuk mengeluarkan data yang termasuk ke bagian lain.

Karena mikroprosesor merupakan bagian penting dari komputer, maka banyak sekali persaingan untuk menciptakan jenis mikroprosesor yang unggul. Tiap jenis mikroprosesor yang diciptakan memiliki susunan dan keunggulan yang tersendiri. Sebagai contoh jenis mikroprosesor untuk IBM-PC XT adalah 8088, IBM-PC AT 80286 dll. Tetapi untuk mengenal bagaimana cara kerja sistem komputer, terutama bagian otaknya, akan dijelaskan dari ALU yang memiliki susunan bagian seperti gambar di bawah ini.

Mula-mula bagian pengontrol memerintahkan suatu peralatan input untuk mentransfer instruksi dan data ke bagian pengingat utama. Setelah mengambil instruksi yang ada di pengingat utama, bagian pengontrol ini mengirimkan isyarat yang sesuai ke ALU dan bagian pengingat. Isyarat yang dikirim ke bagian pengingat ini dapat menyebabkan data dikirim ke bagian ALU untuk diolah. Hasil keluaran ini kemudian dikirim ke bagian pengingat.

Langkah-langkah ini dilakukan dengan sangat cepat, dalam urutan berikut: (1) instruksi dan data dari peralatan input disimpan di bagian pengingat utama di bawah pengawasan bagian pengontrol; (2) bagian pengontrol melihat instruksi yang ada dan menerjemahkannya; (3) bagian pengontrol mengirim datake bagian pengingat utama dan ALU; (4) data yang diperlukan kemudian ditransferke ALU untuk diolah; (5) hasil pengolahan dikirim ke unit pengingat utama. Langkah 2-5 dilakukan berulang kali sampai instruksi yang lengkap selesai dilakukan; (6) bagian pe| “gontrol mengeluarkan isyarat ke bagian pengingat I utama untuk mengirimkan hasilnya keluar (ke pera-latan keluaran).

Sebagai perangkat keras mikroprosesor dibuat dengan memindahkan bagan rangkaian yang berupa gambar kasatmata pada suatu serpih {chip) semikonduktor, yang berukuran milimeter kuadrat. Pemindahan ini memanfaatkan suatu proses yang lazim disebut pemrosesan citra (image processing).

Incoming search terms:

  • pengertian mikroprosesor
  • arti microprocessor
  • definisi pengertian mikroprosesor
  • pengertian micro prosesor

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian mikroprosesor
  • arti microprocessor
  • definisi pengertian mikroprosesor
  • pengertian micro prosesor