Advertisement

Suatu kepercayaan akan datangnya suatu jaman yang memhawa kebahagiaan seperti yang dahulu dialami nenek nxoyang suatu bangsa, Datangnya millenium, jaman keemasan, akan membawa perubahan radikal dalam struktur masyarakat dan kebudayaan yang ada sekafang. Penganut kepercayaan ini menginginkan hidupnya kembali nilai-nilai tradisional dan mengidamkan keadaan masyarakat yang ideal, seperti tidak ada pertentangan, penderitaan, ketidakadilan, sebaliknya sandang pangan berlimpah, hidup tenteram, dsb. Oleh sebab itu, gerakan ini sebenarnya merupakan satu bentuk gerakan revitalisasi dan nativistik yang sering terjadi pada suku-suku bangsa di Afrika, Asia, Pasifik, dan Amerika.

Unsur pokok gerakan ini adalah adanya seorang pemimpin keagamaan yang merupakan guru, kiai, dukun, nabi atau utusan Mesias. Pemimpin ini biasanya mengaku menerima wahyu yang kemudian disebarluaskannya. Ia juga memiliki karisma. Karakteristik lain adalah adanya sikap penolakan terhadap situasi yang ada dan pengharapan akan datangnya millenium. Unsur pemujaan terhadap nenek moyang tercermin pada para pemimpin keagamaan yang mengaku pernah berhubungan dengan nenek moyang, orang keramat dunia roh, dsb. Satu aspek lagi yang sering kali juga terkandung dalam gerakan ini adalah kepercayaan terhadap ilmu gaib, seperti kekebalan tubuh.

Advertisement

Milenarianisme umumnya muncul sebagai reaksi terhadap dominasi bangsa Barat atas daerah jajahannya. Masyarakat yang bereaksi menginginkan perubahan total, sehingga gerakan ini pada dasarnya bersifat revolusioner. Pendorong utama meletupnya gerakan milenarian adalah adanya pengaruh unsur kebudayaan Barat, yang menimbulkan kesenjangan dengan penduduk setempat.

Perhatian para ahli antropologi terhadap gerakan ini terutama berpusat di daerah Kepulauan Melanesia. Di daerah ini gerakan milenarian lebih dikenal sebagai cargo cult, yaitu mengimpikan datangnya kapalkapal laut yang membawa benda atau barang dari negara-negara industri maju. Para pengikut cargo cult mempersiapkan dermaga di pantai dan membangun gudang-gudang sebagai tempat barang yang, menurut ramalan, akan datang. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan sosial yang besar antara penduduk setempat dan pendatang bangsa Barat. Penduduk Melanesia sangat terpesona akan benda modern milik orang Barat, sehingga mereka mengidamkan memilikinya.

Di Indonesia cukup banyak terjadi gerakan keaga-maan yang bersifat milenarianistis. Kecenderungan yang terlihat adalah peranan para pemimpinnya sebagai Ratu Adil yang akan membawa kebahagiaan. Gerakan ini paling banyak terjadi di Pulau Jawa, yang memang menjadi pusat pemerintahan kolonial Belanda, misalnya peristiwa Nyi Aciah (1870-1871) di Sumedang, Jawa Barat. Ia dihormati orang karena dapat melakukan hal-hal gaib, seperti mengobati penyakit. Kemudian muncul ramalan bahwa ia akan menjadi Ratu Tegalluwar di Kerajaan Sunda yang akan datang. Kemasyhurannya semakin luas, bahkan banyak pengikutnya berasal dari aparat pemerintah ” seperti istri Wedana Malangbong dan bebeiapa petinggi. Pemerintah Belanda menganggap gerakan ini berbahaya, karena itu ia ditangkap.

Contoh lain adalah peristiwa Jasmani di Kediri Jawa Timur, yang dimulai pada tahun 1877. Peristiwa ini bermula dari ramalan Amat Mukiar (seorang gUru yang suka bertapa dan menyepi) bahwa akan datans Kerajaan Sultan Adil pada akhir tahun Jawa. Pada saat itu, Jasmani, salah seorang muridnya, akan dinobatkan sebagai Ratu Adil Igama, karena itu Amat Mukir menuntut para muridnya patuh terhadap Jasmani. Jasmani sendiri kemudian menyebarluaskan gagasan milenarian itu di Blitar dan mempersiapkan pemberontakan terhadap Belanda. Namun, sebelum ia sempat bergerak, pemerintah kolonial menangkapnya.

Pada tahun 1924, di Tangerang pun terjadi gerakan milenarian yang dipimpin oleh seorang petani bernama Kaiin Bapa Kayah. Ia sering berziarah ke makam-makam keramat dan belajar ilmu kekebalan. Selanjutnya ia menerima wahyu yang mengatakan bahwa perkebunan-perkebunan di Tangerang adalah milik nenek moyangnya, oleh sebab itu harus dikuasai dan orang Cina yang ada diusir. Kaiin sendiri akan dinobatkan sebagai raja di daerah dengan nama Prabu Arjuna. Ia sempat melakukan serangan terhadap tuantuan tanah sebelum akhirnya ditangkap oleh kontrolir Tangerang.

Incoming search terms:

  • contoh mileniarisme jawa
  • gerakan mellenerianisme
  • milenarianisme adalah
  • mileniarisme
  • mileniarisme adalah
  • millenariarisme
  • pengertian millerianisme

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • contoh mileniarisme jawa
  • gerakan mellenerianisme
  • milenarianisme adalah
  • mileniarisme
  • mileniarisme adalah
  • millenariarisme
  • pengertian millerianisme