PENGERTIAN MOMENTUM STRUKTURALIS ADALAH – Berbeda dari temporalitas modernisme yang “terputus-putus” (ruptura), maka momentum strukturalis adalah tempo-ralitas kesinambungan. Konsep tradisi tidak perlu ditegaskan secara langsung, karena konsep ini erat terkait dengan wacana modernitas. Bagaimanapun pendekatan yang tetap menekankan struktur dan kontinuitas dan kurang memandang penting kejadian-kejadian khusus tetap sangat penting bagi sejarah antropologi.

Penolakan Durkheim untuk memerhatikan kejadian-ke- jadian khusus sebagai manifestasi di permukaan dari proses tersembunyi yang lebih dalam adalah tanda-tanda khas dari perhatiannya yang lebih luas terhadap struktur. Pemikiran Durkheim disebarluaskan secara luar biasa oleh sejarawan Annales dalam upaya menggali kontinuitas sejarah, dan upaya mereka menemukan realitas yang lebih mendalam yang melandasi kejadian-kejadian di permukaan.

Strukturalisme Levi-Strauss, di satu pihak, menawarkan versi tempo-ralitas “yang tak bergerak” yang lain, yang sebegitu jauh memberi angin segar bagi sinkronik, dan tampaknya kurang menaruh perhatian pada perubahan atau bahkan pada waktu. Menurut Levi-Strauss strukturstruktur yang melandasi pikiran manusia, yang merupakan pokok perhatiannya, tak ada kaitannya dengan ruang dan waktu. Namun, pada sisi lain, ia sendiri tergelincir dalam wacana modernisme; ia secara parsial `membatasi’ sifat radikal posisinya ketika ia menekankan perbedaan antara primitif dan `kita’, yang diartikulasikan pada pokok-pokok yang berbeda dalam karyanya sebagai mode-mode yang dikontraskan untuk merepresentasikan dan mengalami waktu sejarah (dingin lawan panas), atau akibat dari melek huruf, atau kontras dalam struktur-struktur kekerabatan (sederhana lawan kompleks). Namun demikian, posisinya tak terlalu menekankan temporalitas “terputus-putus” sebagai ketidaksinambungan paradigmatis antara pokok perhatian kita mengenai struktur dan kontinuitas ketika kita bicara tentang apemikiran primitif” dan tentang perubahan terus terjadi dalam peradaban manusia.

Filed under : Bikers Pintar,