Advertisement

Terletak di Jl. K.S. Tubun No. 4, Kecamatan Petamburan, Jakarta. Museum ini mulai dibangun oleh Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta tahun 1976 dan diresmikan pada tanggal 28 Juni 1976.

Museum Tekstil mempunyai fungsi menyimpan, memamerkan, mendokumentasikan, merawat, serta mengembangkan hasil tekstil bangsa Indonesia dari berbagai daerah di kawasan Nusantara.

Advertisement

Koleksi. Museum Tekstil ini merupakan satu-satunya museum khusus di bidang pertekstilan di Indonesia, yang berperan antara lain sebagai lembaga suaka tekstil Indonesia dan pusat dokumentasi serta penelitian tekstil tradisional Indonesia. Benda-benda koleksinya berupa kain/pakaian serta peralatan mulai dari bentuk tradisional hingga bentuk yang kontemporer.

Museum ini memiliki 907 koleksi yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Secara garis besar, koleksi-koleksi itu dibagi dalam beberapa kelompok, yakni: kelompok koleksi kain tenun; kelompok koleksi kain batik; kelompok koleksi peralatan, dan keloid pok koleksi campuran.

Kelompok koleksi kain tenun meliputi semua jenis kain yang dibuat dengan cara menganyamkan benang besi dan benang pakaian untuk dijadikan kain. Kelompok kain tenun juga terdiri atas beberapa jenis kain.

Kain tenun ikat dibuat dengan cara mengikat benang-benang lungsin atau benang-benang pakaian pa. da bagian-bagian tertentu dalam bentuk pola hiasan yang kemudian dicelup sebelum benang itu ditenun. Jenisnya ada bermacam-macam, misalnya tenun ikat lungsin dari Kalimantan, Sulawesi, Sumba, dan ~ tak; kain tenun ikat pakan dari Bali, Sulawesi Utara Jawa, Nusa Tenggara Barat, dan Sumatra Selatan- kain tenun ikat berganda dari Bali, Gresik, dan Donggala; kain tenun ikat celup atau jumputan dari Palembang- Jawa, dan Bali.

Kain tenun songket dibuat dengan cara menyungkit benang, kemudian menyisipkan benang-benang emas dan benang perak untuk membentuk pola hiasan tertentu. Misalnya kain tenun songket dari Palembang, Sumatra Barat, Lampung, dan Nusa Tenggara.

Kain tenun lungsin tambahan dibuat dengan cara menambahkan benang-benang lungsin yang berwarna hingga membentuk suatu pola hiasan tertentu; misalnya kain tenun lungsin tambahan dari Sumba, Timor, dan Tapanuli.

Kain tenun pakan tambahan dibuat dengan can menambahkan benang-benang pakan yang berwarna sebagai pola hiasan. Contohnya adalah kain tenun pakan dari Batak, Toba, Minangkabau, dan Palembang.

Kain tenun sulam dibuat dengan cara menyulamkan benang-benang berwarna pada kain tenun, misalnya kain tenun sulam dari daerah Lampung, Jawa, Sumatra Selatan, dan Sulawesi.

Kain tenun pelekat dibuat dengan cara mengompo-sisikan berbagai warna benang, misalnya kain pelekat dari Kalimantan (Samarinda), Sumatra, Jawa, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.

Koleksi Batik terdiri atas beraneka ragam batik, sesuai dengan teknik pembuatannya.

Kain batik simbut dibuat dengan cara menutup pola hiasai dengan mempergunakan bubut tajin atau tajin ketan. Contohnya adalah kain batik dari daerah Banten, Jawa Barat.

Kain batik tulis dibuat dengan cara menuliskan ola hiasan pada kain dengan alat canting tulis. Contohnya adalah kain batik tulis dari Yogyakarta, Solo, Lasem, dan Cirebon.

Kain batik cap dibuat dengan alat canting cap untuk membentuk pola. Contohnya adalah kain batik cap dari Garut, Jakarta, dan Pekalongan.

batik printing dilakukan dengan mencetak Dola a: u motif. Biasanya kain jenis ini dibuat oleh perusahaan-perusahaan printing dan kainnya mempunyai panjang sampai puluhan meter.

Kain batik prada dibuat dengan mempergunakan cat warna emas, misalnya kain batik prada dari Bali, Jawa, dan Palembang.

Kain batik campuran dibuat dengan mempergunakan canting tulis, canting cap, dan kuas untuk membentuk motif. Misalnya kain batik campuran dari Pekalongan.

Koleksi peralatan terdiri atas semua alat yang biasa digunakan untuk proses pembatikan, proses penenunan, proses pembuatan benang dan proses pewarnaan.

Koleksi campuran terdiri atas kain atau material yang terbuat dari bahan yang tidak dipintal, misalnya koleksi kain bagor, kain kulit kayu, dan koleksi kain bulu binatang.

Museum Tekstil juga sering menyelenggarakan pa-meran, baik di dalam maupun di luar negeri.

 

Incoming search terms:

  • arti museum tekstil adalah
  • definisi museum tekstil

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti museum tekstil adalah
  • definisi museum tekstil