Gerakan perdamaian.

Pengertian new left (kiri baru) adalah Istilah deskriptif yang secara longgar diaplikasikan untuk berbagai doktrin politik yang muncul pada akhir 1950-an, setelah pergolakan 1956 di Hungaria, dan kemudian berkembang dengan kuat sepanjang 1960-an, terutama dalam menentang intervensi Amerika di Vietnam dan pendudukan militer Ceko­slowakia oleh anggota Pakta Warsawa. Gerakan Kiri Baru menyatukan gerakan sosial yang beragam—mahasiswa radikal, sebagian gerakan perdamaian, dan gerakan feminis dan ekologi—bersanbi dengan intelektual dari berhagai latar be lakang dan orientasi yang ekstrem, terma suk komunis, anarkis, sosialis sayap kiri, dan kritikus kultural.

Demokrasi parti­sipatoris.

Banyaknya ide yang berkembang cll dalam gerakan ini, di antaranya ada dua yang menarik secara universal: “demoknISI partisipatoris”, dan kritik radikal terhadap apa yang disebut sebagai “sistem”. ini saling terkait, sebab demokrasi parti­sipatoris berarti keterlibatan penuh dan berkelanjutan dari semua individu dalam pengambilan keputusan yang secara lang­sung memengaruhi hidup mereka, sedang­kan sistem yang ditentang adalah sistem clitis yang menyingkirkan pihak lain yang ingin ikut mengontrol atau menentukan kebijakannya. Universalitas idc-ide ini dii­lustrasikan oleh penyebarannya di negara­negara “sosialisme riil” dan kapitalis. Ini mencerminkan fakta bahwa di dalam ke­dua tipe masyarakat itu sistem elitis lebih dominan, entah itu dari perusahaan besar dan “kompleks industri-militer” atau dari birokrat dan pejabat, yang mengabaikan partisipasi warga biasa. Pengertian new left (kiri baru) adalah Hanya di Yugosla­via (dan di Cina dalam periode yang rela­tif pendek, di mana masyarakat pertanian dan “revolusi kebudayaan” dianggap oleh beberapa pihal< sebagai perwujudan kebi­jakan pelibatan rakyat dalam pengambilan keputusan) dapat dijumpai elemen-elemen demokrasi partisipatoris dalam sistem swa-manajemen. Pengalaman Yugoslavia, seperti diinterpretasikan dan didiskusikan terutama oleh kelompok Praxis dari ka­langan filsuf dan sosiolog (Markovic dan Cohen, 1975), menjadi amat berpengaruh terhadap beberapa cabang Kiri Baru. Pada saat yang sama ada kebangkitan kembali pemikiran Marxis dalam filsafat dan ilmu sosial, yang dipengaruhi oleh tu­lisan-tulisan awal Gyorg Lukacs dan An­tonio Gramsci, yang kini dibaca luas. Dan juga dipengaruhi oleh Marxisme “struk­turalis” baru dari Louis Althusser, dan oleh ide-ide teori kritis FRANKFURT scHooL. Aliran yang disebut terakhir ini mungkin yang paling besar pengaruhnya, melalui tulisan-tulisan Herbert Marcuse di AS, dan Theodor Adorno, Max Horkheimer, dan (di generasi kedua) Jurgen Habermas di Jerman. Karya mereka mengangkat ba­nyak persoalan akut yang dihadapi gera­kan-gerakan radikal pada 1960-an: peran politik kelas pekerja dalam hubungannya dengan gerakan sosial baru yang tidak berbasis kelas; kekuatan kultur massa dan ideologi massa dalam mempertahankan struktur dominasi, dan hubungannya de­ngan orientasi ilmiah dan teknologis di kalangan masyarakat modern; dan kebu­tuhan akan analisis kritis terhadap basis sosialisme autoritarian-birokratik. Tetapi teori kritik itu sendiri menjadi terpecah, dan, di antara pemikir generasi tua menjadi makin nonpolitis dan pesimis, terlibat dalam kritik kultural yang nekat, tetapi dengan harapan yang terus melemah un­tuk menyaksikan munculnya “kontra-bu­daya”. Bagaimanapun j uga, Marxisme dalam bentuk barunya ini hanyalah salah satu gerakan intelektual (terutama di ka­langan mahasiswa) yang memengaruhi Kiri Baru. Pengaruh lainnya datang dari anarkisme, sosialisme utopian, dan ide-ide ekologi dan feminisme baru.

Gerakan Mei. Pengertian new left (kiri baru) adalah

Gerakan Kiri Baru mencapai puncak perkembangannya di AS pada akhir 1960- an, dalam gerakan hak-hak sipil dan oposi­si terhadap perang Vietnam, di Eropa pada 1968 dalam protes mahasiswa besar-besa­ran, terutama “gerakan Mei” di Perancis, dan di “musim semi Prague” di Ceko­slowakia. Sejak itu pengaruhnya pelan­pelan pudar. Awal penurunan ini ditandai dengan kegagalan gerakan mahasiswa di Perancis, Jerman Barat, dan di tempat lain dalam rangka menciptakan perubahan so­sial. Pengertian new left (kiri baru) adalah Selain itu, juga ditandai dengan penin­dasan gerakan reformasi Cekoslowakia pada Agustus 1968, meskipun ide-idenya berperan penting dalam kesuksesan gera­kan oposisi di Eropa Timur pada 1989. perpecahannya di negara-negara kapitalis Barat, sepanjang 1980-an, diiringi dengan kebangkitan kembali doktrin konservatif di NEW RIGHT. Meskipun demikian, wa­laupun Kiri Baru sebagai gerakan telah tidak ada, beberapa komponennya masih berkembang dalam bentuk lain, terutama dalam bentuk gerakan perdamaian, femi­nisme dan ekologi; dan ide sentral dari “demokrasi partisipatoris” masih berpe­ngaruh, terutama di kalangan partai hijau yang berkembang cepat di Eropa Barat sepanjang 1980-an dan mulai muncul di Eropa Timur baru-baru ini.