Advertisement

Berbicara tentang kebudayaan sebagai kultur normatif dalam hubungan dengan tema uraian ini, perlu ditonjolkan fakta bahwa orde masyarakat suatu bangsa tersusun sebagai pola atau gaya hidup berdasarkan kaidah atau nilai-nilai yang berfungsi sebagai titik orientasi para anggota masyarakat dalam menghayati kehidupannya sehari-hari dan dalam melaksanakan interaksi aniara sesamanya.

Perbendaharaan nilai-nilai yang tertumpuk itu diteruskan turun-temurun menjadi tradisi atau adat-istiadat. Menghayski tradisi adalah kewajiban utama dalam masyarakat tradisional, dan dengan demikian melestarikan eksistensi kelompok.

Advertisement

Lain daripada zaman praindustrial, masa transisional dewasa ini perlu memahami tradisi agar dapat secara kritis menghadapinya, dan membuka kemungkinan melakukan perubahan serta adaptasi kepada situasi baru. Situasi dewasa ini menuntut pengetahuan dan pemahaman kebudayaan agar kita tidak kehilangan arah dalam menentukan pola hidup baru, dengan mengadakan pemilihan tepat di antara norma-norma yang rnasih dapat diberlakukan dan yang tidak dapat lagi diberlakukan.

Advertisement