Advertisement

Ibu kota Propinsi Padua yang terletak di bagian timur laut Italia, yang dianggap sebagai pusat Renaisans abad ke-15. Kota yang terletak di sebelah barat Venezia ini berpenduduk 242.000 (1971).

Padua dilalui oleh Sungai Bacchiglione. Sungai inilah yang mengairi wilayah Padua dan menjadikannya wilayah yang subur dipenuhi pemandangan indah. Padua adalah kota kuno. Kota ini telah menjadi koloni Romawi pada abad pertama. Kota ini kaya akan peninggalan budaya dalam bentuk seni arsitek-, tur dan seni patung karya seniman-seniman besar, seperti Giotto, Donatello, Mantegna, dan Titian. Peninggalan yang masih dapat dilihat adalah Palazzo della Ragione (1218-1219), sebuah gedung balairung yang sangat besar tempat kegiatan rapat resmi pemerintahan. Berbagai bangunan gereja dan istana kuno, sebagian berasal dari abad ke-9, masih tegak berdiri di sana.

Advertisement

Seperti kota-kota lain, Padua pun kini dilanda proses industrialisasi. Barang-barang industri yang dihasilkan meliputi mesin pertanian, tekstil, sepeda motor, fiber sintetis, sabun, dan tinta. Tetapi untuk menjaga keseimbangan lingkungan di kota ini tetap dipelihara kebun raya botani yang dianggap tertua di Eropa (didirikan tahun 1545).

Advertisement