Advertisement

Pandangan hidup adalah nilai-nilai yang dianut oleh suatu masyarakat, yang dipilih secara selektif oleh para individu dan golongan di dalam masyarakat (Koentjaraningrat, 1980). Pandangan hidup terdiri atas citacita, kebajikan, dan sikap hidup. Cita-cita, kebajikan, dan sikap hidup itu tak dapat dipisahkan dengan kehidupan. Dalam kehidupannya manusia tidak dapat melepaskan diri dari cita-cita, kebajikan, dan sikap hidup itu (Suyadi, M.P., 1985).

Sistem nilai budaya sering juga merupakan pandangan hidup atau world view bagi manusia yang menganutriya. Apabila “sistem nilai” merupakan pedoman hidup yang dianut oleh sebagian besar warga masyarakat, “pandangan hidup” merupakan suatu sistem pedoman yang dianut oleh golongan-gilongan atau, lebih sempit lagi, oleh individu-individu khusus di dalam masyarakat. Oleh karena itu, hanya ada pandangan hidup golongan atau individu tertentu, tetapi tak ada pandangan hidup seluruh masyarakat.

Advertisement

Pandangan hidup merupakan bagian hidup manusia. Tidak ada seorang pun yang hidup tanpa pandangan hidup meskipun tingkatannya berbeda-beda. Pandangan hidup mencerminkan citra diri seseorang karena pandangan hidup itu mencerminkan cita-cita atau aspirasinya (Manuel Kaisiepo, 1982). Apa yang dikatakan oleh seseorang adalah pandangan hidup karena dipengaruhi oleh pola berpikir tertentu. Tetapi, terkadang sulit dikatakan sesuatu itu pandangan hidup, sebab dapat pula hanya suatu idealisasi belaka yang mengikuti kebiasaan berpikir yang sedang berlangsung di dalam masyarakat.

Sifat pandangan hidup elastis, bergantung pada situasi dan kondisi, tidak selamanya bersifat prinsipal atau hakiki. Bahkan pandangan hidup dapat terjadi tidak dengan kesadaran atau “kesadaran yang dinyatakan”, tetapi “kesadaran yang tak dinyatakan”, sebagai akibat kepengapan kondisi. Pandangan Kasiepo ini dapat terjadi pula untuk suatu ideologi yang oleh Abdurahman Wahid (1985) disebut reideologisasi dengan pola ideologi alternatif, yaitu rangkuman dari berbagai sumber dan reideoiogi kultural, yaitu menyusun serangkaian nilai oleh masyarakat.

Incoming search terms:

  • apa yang dimaksud pandangan hidup ?
  • apa yg dimaksud dengan pandangan hidup?
  • difinisi dan nilai dan pandangan hidup yang di anut oleh sbagian masyarakat
  • maksud pandangan hidup

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • apa yang dimaksud pandangan hidup ?
  • apa yg dimaksud dengan pandangan hidup?
  • difinisi dan nilai dan pandangan hidup yang di anut oleh sbagian masyarakat
  • maksud pandangan hidup