Advertisement

Suatu jenis ikan yang badannya sangat panjang dan langsing. Warna tubuhnya hitam kebiruan di sebelah atas, sedangkan sisi tubuh dan bagian perutnya keperakan. Bentuk dan wama tubuhnya yang menyerupai parang membuat ikan ini dijuluki ikan parang.

Parang dorab mempunyai sisik berukuran kecil dan tipis. Pada pangkal ekornya terdapat dua buah sisik yang memanjang. Mulutnya besar, sedangkan matanya kecil. Sirip punggungnya, yang terletak tepat di atas sirip anal, terdiri atas 16-17 jari-jari lemah. Sirip analnya panjang dengan 26 – 36 jari-jari lemah. Sirip dadanya di bawah dan terdiri atas 12- 14 jari- jari lemah. Sirip perutnya sangat kecil, hanya terdiri atas 6-7 jari-jari lemah. Warna sirip punggung dan dadanya keabuan, sedangkan sirip ekornya kecokelatan.

Advertisement

Habitat parang dorab di laut, yaitu di daerah pantai sampai kedalaman 200 meter. Panjang tubuhnya dapat mencapai lebih dari 1 meter, tetapi umumnya 30 – 50 sentimeter. Ikan yang tergolong hewan pemangsa ini sering terlihat berenang dan meloncat-loncat di atas permukaan air.

Daerah penyebaran parang dorab cukup luas. Di Indonesia, ikan ini dapat dijumpai di Laut Jawa, Sumatra, Bintang, Bangka, Kalimantan, Sulawesi, Ba- can, dan Ambon; sedangkan di luar Indonesia, ikan ini juga ditemukan di Papua Niugini, Queensland, Filipina, Taiwan, Cina, Jepang, Thailand, India, Laut Merah, dan di sepanjang pantai Afrika sampai Natal.

Advertisement