Advertisement

Adalah ilmu tentang gejala-gejala paranormal yang tidak atau belum dapat dijelaskan oleh ilmu-ilmu, khususnya psikologi yang konvensional. Parapsikologi mempunyai dua cabang besar, yaitu persepsi luar indera dan psikokinesis. Persepsi luar indera meliputi kemampuan untuk melihat benda atau kejadian yang tidak tampak langsung (<clairvoyance), berkomunikasi secara nonverbal jarak jauh (telepati), dan mengetahui hal yang akan terjadi di masa depan (prekognisi). Psikokinesis mempelajari pengaruh langsung aktivitas mental terha. ip objek fisik.

Umumnya dunia ilmu masih belum bersedia mengakui parapsikologi sebagai suatu ilmu, dan menganggapnya masih bersifat pra-ilmiah. Hanya sedikit saja peneliti di bidang ini yang bekerja secara penuh. Karena itu kemajuan di bidang parapsikologi cukup lambat. Didirikannya The British Society for Psychical Research pada tahun 1882, yang disusul tiga tahun kemudian oleh The American Society for Psychical Research, dianggap oleh pendukung dan penganut para psikologi sebagai langkah positif ke arah pengakuan.

Advertisement

Dalam perkembangan psikologi sebagai ilmu, sekitar tahun 1970-an, timbul dan mulai berkembang suatu aliran baru, yaitu aliran transpersonal yang dipelopori antara lain oleh A.H. Maslow, tokoh psikologi humanistik terkenal yang pada akhir hayatnya lebih mengembangkan pandangan-pandangannya, dan Anthony J. Sutich. Yang terakhir ini kemudian menjadi editor The Journal of Transpersonal Psychology, yang berfungsi sebagai sarana pengikat dan pemersatu para ahli yang mempelajari dan ingin mengembangkan ilmu ini.

Psikologi transpersonal secara khusus berusaha mengadakan studi ilmiah tentang aspek-aspek spiritual dan kemampuan-kemampuan tertinggi manusia yang selama ini belum dipelajari secara sistematis.

Incoming search terms:

  • ilmu parapsikologi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • ilmu parapsikologi