Advertisement

Atau pare, suatu jenis ikan yang mudah dikenali dari bentuk tubuhnya yang gepeng dan menyerupai cakram. Ikan ini berbentuk cakram karena sirip dadanya, yang melebar, menyatu dengan sisi kepala, seolah-olah menjadi bagian tubuh. Sirip analnya tidak ada. Spirakel (lubang penyembur air) dan matanya terletak di bagian atas tubuh, sedangkan mulut dan bukaan insangnya di bawah.

Ikan pari berenang dengan menggerakkan sirip dadanya. Gerakannya mirip gerak gelombang yang mengalun dari arah depan ke belakang. Pada siang hari, ikan ini mengubur diri di pasir atau lumpur, sedangkan pada malam hari mencari mangsa. Makanannya organisme dasar, seperti ikan dasar, cacing, Crustaceae, dan keong. Perkembangbiakannya dengan melahirkan anak.

Advertisement

Habitat ikan pari perairan pantai dan lepas pantai. Di pasaran, ikan ini dijumpai dalam bentuk segar ataupun asin kering, dengan harga relatif murah.

Pari Kembang berpenampilan mirip kembang. Tubuhnya berwarna abu-abu keunguan atau merah sawo, dengan bagian atas dan sebagian ekor dihiasi totol-totol biru keputihan. Ekornya panjang dengan ujung gelap, dan dilengkapi dengan tiga duri beracun. Di belakang duri dijumpai lembaran selaput kulit. Sepintas lalu, bentuk badan pari kembang mirip layang-layang. Lubang penyembur airnya terletak tepat di belakang mata dan lebih besar daripada mata. Penyebaran ikan ini meliputi Laut Jawa, Selat Malaka, Kalimantan, Sulawesi, Selat Tiworo, Arafuru, dan perairan Indonesia lainnya.

Pari Macan suatu jenis ikan pari yang tubuh dan ekor sebelah atasnya dipenuhi totol-totol seperti macan. Warna tubuhnya kuning kecokelatan, sedangkan totol-totolnya cokelat gelap. Totol-totol pada tepi tubuh lebih kecil daripada di bagian tengah. Di bagian ekor, makin ke ujung totol-totol ini berubah menjadi belang-belang. Ekornya mirip cambuk dengan panjang kira-kira tiga kali lebar tubuh. Pada ekor ini dijumpai duri-duri panjang beracun. Pari macan dewasa mempunyai duri-duri pada punggungnya. Lebar tubuhnya dapat mencapai 1,5 meter. Ikan ini terdapat di seluruh perairan Indonesia, terutama di Laut Jawa, Selat Malaka, sepanjang Kalimantan, Sulawesi Selatan, Selat Tiworo, dan Arafuru.

Pari Burung berpenampilan menyerupai burung dengan kepala menonjol ke depan, sedang sirip-sirip- nya terbentang seperti sayap. Ikan ini disebut juga pari sapi karena moncongnya mirip kepala sapi.

Bagian atas tubuh ikan pari burung berwarna merah sawo matang dengan tepi merah keunguan, sedangkan bagian bawah tubuhnya putih. Tubuh sebelah atasnya licin, tetapi ekornya yang panjang sekali dan menyerupai cambuk, berduri-duri seperti ampelas. Pari burung dapat dijumpai di seluruh perairan Indonesia dan perairan tropis lainnya. Panjang ini dapat mencapai 1 meter atau lebih.

Pari Kampret berpenampilan menyerupai kampret (kelelawar). Warna tubuhnya merah sawo matang merata dan agak gelap di sebelah atas, sedangkah sebelah bawahnya putih. Ekornya yang kecij dan pen, dek berbelang hitam-putih di sebelah atas, dan putih di sebelah bawah. Ekor ini bertabur bintik-bintik duri seperti ampelas.

Penyebaran ikan ini meliputi seluruh perairan In. donesia, terutama Laut Jawa, Sumatra bagian timur dan barat, sepanjang Kalimantan, Sulawesi Selatan Selat Tiworo dan Arafuru.

Pari Ayam mempunyai tubuh berwarna merah sawo matang mengkilat di sebelah atas dan putih di sebelah bawah. Ekornya yang panjang seperti cambuk dileng. kapi duri-duri beracun. Pada bagian bawah ekor ini terdapat lembaran kulit menyerupai umbul-umbul yang hanya terdapat di sepanjang ekor bagian tengah tidak di ujungnya.

Ikan pari ayam dapat dijumpai di seluruh perairan Indonesia terutama di Laut Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi Selatan, dan Arafuru. Ikan ini biasanya dijumpai pada perairan pantai, tetapi kadang-kadang masuk ke perairan pasang surut.

Incoming search terms:

  • pari ayam
  • apa arti ikan pari
  • arti dari ikan pari
  • habitat pari macan
  • pari totol
  • pengertian pari
  • penyebaran ikan par!

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pari ayam
  • apa arti ikan pari
  • arti dari ikan pari
  • habitat pari macan
  • pari totol
  • pengertian pari
  • penyebaran ikan par!