Advertisement

Yang dikenal dengan dongan, bengok, beguk atau mumps, adalah penyakit infeksi akut dan menular yang disebabkan oleh virus Penyakit ini ditandai oleh pembesaran kelenjar ludah terutama glandula parotis, yang terletak pada leher, di bawah cuping telinga.

Penularan terjadi melalui kontak langsung dengan penderita, seperti melalui persentuhan dengan cairan rnuntah dan air seni penderita, atau melalui udara sewaktu penderita bersin atau batuk. Sesudah terkena infeksi virus parotitis, 2 — 3 minggu kemudian penderita mengalami demam. Suhu tubuh dapat meningkat sampai 39,5°C, disertai keluhan sakit kepala, nyeri tenggorok, dan nyeri pada seluruh otot. Kemudian timbul pembengkakan kelenjar parotis pada satu sisi, vang dapai diikuti oleh pembengkakan kelenjar pada sisi yang lain. Kulit pada daerah pembengkakan tersebut berwarna merah kecokelatan. Pada waktu mengunyah, daerah pembengkakan biasanya terasa nyeri. Pembengkakan yang hebat dapat mengakibatkan bagian bawah daun telinga terangkat.

Advertisement

Menyebarnya virus ke seluruh tubuh dapat meng-akibatkan komplikasi seperti radang selaput otak dan radang ginjal. Bila parotitis menyerang anak laki-laki, terutama rada masa pubertas, sering terjadi komplikasi berup sradangan pada buah zakarnya. Komplikasi ini dapat menimbulkan kemandulan.

Pengobatan untuk penderita parotitis yang terbaik adalah istirahat di tempat tidur, pemberian makanan cair dan lunak, dan, bila perlu, obat penurun panas atau kompres dengan es. Pencegahannya dapat dilakukan secara aktif dengan pemberian vaksin parotitis, atau secara pasif dengan penyuntikan zat kekebalan, yaitu gama globulin.

Incoming search terms:

  • pengertian parotitis

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian parotitis