Advertisement

PENGERTIAN PASAR UANG – Adalah mekanisme untuk memperdagangkan dana jangka pendek, yaitu dana berjangka waktu kurang dari satu tahun. Dalam pengertian ekonomi, uang biasanya diartikan sebagai dana jangka pendek, sedang modal merupakan dana jangka panjang.

Dalam menjalankan kegiatan, di satu pihak banyak unit ekonomi yang pada suatu saat kekurangan dana yang sifatnya jangka pendek atau sementara, sedang di lain pihak ada pula unit ekonomi yang mempunyai kelebihan dana, juga untuk jangka waktu yang pendek. Mereka itu dapat dipertemukan di dalam pasar uang, sehingga unit yang kekurangan dana dapat memperoleh apa yang dibutuhkannya, sedang unit yang mempunyai kelebihan uang dapat memperoleh penghasilan atas uang yang berlebih tersebut.

Advertisement

Mekanisme pasar uang hanya dapat berfungsi baik apabila memenuhi beberapa syarat sebagai berikut: (a) cukup banyak instrumen sebagai pengganti uang yang dapat diperdagangkan. “Uang” yang diperdagangkan harus mempunyai bentuk tertentu. Di Indonesia instrumen pasar uang antara lain berupa Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), di samping sertifikat deposito dan call money, (b) adanya lembaga keuangan yang bersedia menjadi pencipta pasar. Lembaga inilah yang akan menyimpan instrumen-instrumen pasar uang, dan akan menjualnya kepada unit ekonomi yang mempunyai kelebihan dana jangka pendek, atau membelinya dari unit ekonomi yang memerlukan dana jangka pendek. Di Indonesia fungsi ini antara lain dijalankan oleh Ficorinvest yang^ering disebut Security House; (c) prasarana komunikasi yang memadai; (d) informasi keuangan yang dapat dipercaya, yaitu data keuangan perusahaan yang mengeluarkan SBPU, agar setiap peminat dapat membuat penelitian mengenai keadaan perusahaan.

Mekanisme Perdagangan di Pasar Uang. Call money dapat diperdagangkan secara langsung antarbank, dan biasanya dilakukan melalui telepon. Hal ini dilakukan karena kebutuhan likuiditas bank biasanya mendesak, baik untuk memenuhi kekurangan dalam kliring maupun untuk memenuhi kebutuhan kewajiban likuiditas.

SBI dan SBPU harus diperdagangkan melalui Security House sebagai perantara antara pemilik dan pemakai, melalui jual beli surat-surat berharga. Pada saat ini yang ditunjuk sebagai Security House adalah Ficorinvest. Mekanisme perdagangan untuk SBI adalah sebagai berikut: Bank Indonesia menjual SBI kepada Ficorinvest, barulah kemudian kepada lembaga- lembaga keuangan.

Untuk SBPU mekanismenya adalah sebagai berikut: nasabah, baik badan usaha maupun perorangan mengeluarkan surat aksep atau wesel untuk mendapatkan dana dari bank atau lembaga keuangan nonbank. Kemudian surat-surat berharga ini diperjualbelikan oleh bank atau lembaga keuangan non-bank melalui Security House yang akan memperjualbelikannya dengan Bank Indonesia. Secara skematis mekanisme ini dapat digambarkan sebagai berikut:

Prospek Pasar Uang di Indonesia. Pasar uang ngat erat hubungannya dengan perkembangan perbankan. Berkembangnya pasar uang akan lebih banyak memberi peluang pada bank untuk mendapati sumber dana. Pada tahun-tahun mendiang pera perbankan diperkirakan menjadi semakin penting lebih-lebih dengan menurunnya sumber investasi yang berasal dari pemerintah. Dengan demikian peran pasar uang dalam rangkaiannya dengan perkembangan perbankan akan menjadi semakin besar.

Incoming search terms:

  • pengertian security house

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian security house