Advertisement

PENGERTIAN PASTURISASI – Suatu cara sterilisasi cairan, misalnya susu, dengan pemanasan. Dengan cara sterilisasi ini, cairan dibebaskan dari kuman pencemar yang berbahaya, seperti kuman dari jenis Salmonella, kuman tbc, dan kuman penyebab penyakii ain yang ditularkan melalui susu.

Pasturisasi ditemukan oleh Louis Pasteur, yang dalam tahun 1863 mulai menggunakan teknik pemanasan pada suhu 50 – 60°C selama beberapa menit untuk membebaskan bir dan anggur dari jasad renik yang dapat menimbulkan kerusakan pada minuman tersebut. Pada tahun 1898 teknik tersebut dipakai di Denmark untuk penyucihamaan susu. Cara inilah yang kemudian disebut pasturisasi.

Advertisement

Kuman pencemar susu dapat dimatikan pada suhu 63°C selama 30 menit. Cara ini disebut teknik pengaruh suhu rendah. Di samping teknik tersebut dikenal teknik lain yang lebih baru, yaitu teknik suhu tinggi, waktu singkat. Caranya ialah dengan memanaskan susu pada suhu 72°C selama 15 detik. Pada kedua cara ini selain kuman dimatikan, daya kerja enzim kuman yang dapat menimbulkan kerusakan juga dilemahkan.

Advertisement