Advertisement

PENGERTIAN PATOLOGI HUTAN – Adalah ilmu yang mempelajari hama dan penyakit tumbuhan yang tumbuh di hutan. Hama hutan umumnya berupa serangga, yang populasinya dikendalikan oleh pemangsa berupa burung, serangga lain, dan penyakit serangga itu. Bila pengendalian ini gagal, atau bila muncul serangga hama baru, dapatla terjadi ledakan populasi serangga hama yang akan menyerang hutan itu secara lokal. Dalam hal ini manusia terpaksa menggunakan insektisida untuk memadamkan serangan itu. Penggunaan insektisida ter-hadap hutan sebaiknya dihindari, karena pencemaran umum dapat terjadi dan karena serangga yang berguna dapat ikut punah.

Penyakit hutan secara terbatas merupakan cara alam untuk mengenyahkan pohon yang terlalu tua atau yang telah mulai meluruh. Namun penyakit yang datang dari daerah lain dapat menimbulkan ledakan penyakii. Serangan serangga dan penyakit pohon kayu hutan umumnya bersifat endemik.

Advertisement

Semua hal ini dipelajari dalam patologi hutan. Di samping terhadap hama dan penyakit, hutan memerlukan perlindungan terhadap kebakaran dan pencurian kayu serta hasil hutan lain oleh manusia.

Incoming search terms:

  • patologi hutan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • patologi hutan