Advertisement

PENGERTIAN PEDANTONG – Suatu kelompok burung yang mempunyai paruh panjang, melengkung, dan tajam. Burung ini terbang cepat di antara dahan di sekitar tempat hidupnya. Umumnya, hidupnya terpisah dari kelompoknya dan akan mencari pasangan pada musim berbiak. Warna bulu tubuh yang jantan dan yang betinanya sukar dibedakan; burung jantan berukuran lebih besar daripada yang betina. Panjang paruhnya berkisar 15-20 sentimeter; gunanya sebagai alat untuk menangkap serangga atau mengisap madu dari bunga.

Pedantong betina bertelur 2-3 butir per tahun, meskipun ada juga yang hanya sebutir. Telurnya berwarna putih atau krem dan dierami selama 13-H hari, bahkan ada yang sampai 17 hari.

Advertisement

Sarangnya terbuat dari ranting dan dedaunan kering atau kadang-kadang dari serat-serat tanaman sayuran. Bentuknya sangat unik, yaitu lonjong dan di- jcaitkan pada salah satu dahan dengan pintu berupa |Uban setengah lingkaran. Sarang ini merupakan jgiApai untuk mengerami telur dan memelihara anak -ampai menjadi burung dewasa. Di Indonesia terdapat sekitar tujuh jenis pedantong, yaitu:

pedantong Janur mempunyai panjang tubuh 21 sentimeter. Bulu pada tubuh bagian atasnya berwarna hijau gelap, sedangkan pada tubuh bagian bawahnya kuning pucat. Daerah penyebarannya meliputi Sumatra, Kalimat n, dataran rendah Malaya, dan Semenanjung Thailand. Habitatnya hutan sekunder.

Pedantong Kalimantan tersebar di pegunungan Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah.-Informasi mengenai kehidupan burung ini belum banyak diketahui.

pedantong Kelabu mempunyai panjang tubuh sekitar 18 sentimeter. Bulu pada tubuh bagian atasnya berwarna hijau gelap, sedangkan pada tubuh bagian bawahnya abu-abu muda; bulu kepala bagian depannya berbintik-bintik hitam. Warna iris matanya cokel dan kakinya kuning berbintik-bintik hitam. Daerah penyebarannya meliputi Jawa, Sumatra, Kalimantan, Tenasserim, dan Thailand. Habitatnya hutan primer, hutan sekunder, taman, dan tanah pertanian.

Pedantong Khaki bercirikan mempunyai panjang tubuh sekitar 15 sentimeter dengan bulu pada tubuh bagian atas berwarna hijau kekuning-kuningan, sedangkan pada tubuh bagian bawahnya kuning terang. Lehernya berwarna abu-abu muda; matanya gelap d?n berbintik-bintik; pada “jung sayapnya terdapat v irna kuning. Warna iris matanya cokelat, sedangkan kakinya hitam. Daerah penyebarannya meliputi Sumatra, Kalimantan, Malaya, dan Semenanjung Thailand. Habitatnya hutan primer dan hutan sekunder.

Pedantong Lurik mempunyai panjang tubuh sekitar 21 sentimeter. Bulu pada tubuh bagian atasnya berwarna hijau gelap, sedangkan pada tubuh bagian

bawahnya kuning terang. Dari perut sampai lehernya berbulu lurik dan berwarna abu-abu. Warna iris matanya hitam dan kakinya cokelat kehitaman. Daerah penyebarannya meliputi Jawa, Sumatra, Kalimantan, Malaya, dan Semenanjung Thailand. Habitatnya hutan primer dan hutan sekunder.

Pedantong Putih bercirikan mempunyai panjang tubuh sekitar 15 sentimeter dengan bulu pada tubuh bagian atas berwarna hijau gelap, sedangkan pada tubuh bagian bawah kuning terang. Lehernya berwarna putih keabu-abuan, dan pada kepalanya terdapat bintik-bintik hitam. Warna iris matanya cokelat, sedangkan kakinya hitam. Daerah penyebarannya meliputi Jawa, Sumatra, Kalimantan, India, Cina, Filipina, Laos, dan Hong Kong. Habitatnya hutan primer, hutan sekunder-, perkebunan, dan taman.

Pedantong Subang mempunyai panjang tubuh sekitar 18 sentimeter. Bulu pada tubuh bagian atasnya berwarna hijau gelap, sedangkan pada tubuh bagian bawahnya kuning terang dengan sedikit keabu-abuan. Pada sekeliling mata dan pipinya terdapat bulu berwarna kuning. Warna iris matanya cokelat tua dan kakinya putih kotor. Daerah penyebarannya meliputi Jawa, Sumatra, Kalimantan, Terasserim, Semenan-jung Thailand, dan Malaya. Habitatnya hutan primer, hutan sekunder, taman, serta semak-semak.

Klasifikasi Ilmiah. Pedantong termasuk suku Nectarinii- dae. Nama ilmiah pedantong janur adalah Arachnothera flavigaster; pedantong kalimantan A. everetti; pedantong kelabu A. affinis; pedantong khaki A. crassirostris\ pedantong lurik A. robusta\ pedantong putih A. longirostra; dan pedantong subang A. chrysogenys.

Advertisement