Advertisement

PENGERTIAN PELIKAN – Atau burung undan, termasuk kelompok burung migran. Pelikan bertubuh besar dengan bentuk Mirip angsa, sehingga sering disebut angsa laut. Berat tubuhnya berkisar 7-14 kilogram dan tingginya 1,71,8 meter. Panjang tubuhnya, dari paruh sampai ujung ekor, berkisar 0,8 – 1,8 meter. Ciri lainnya ialah tubuh berwarna terang, sayap lebar, panjang, dan indah, paruh besar dan panjang yang dilengkapi sebuah kantung kulit di antara percabangan rahang bawah. Di belakang kepalanya yang besar terdapat jambul dengan bulu-bulu halus berwarna kuning. Matanya besar dengan lingkaran mata ditumbuhi bulu-bulu halus. Ekornya pendek. Kakinya yang pendek ditumbuhi bulu berwarna abu-abu, sedangkan kaki bagian bawahnya membesar dan dilengkapi empat jari, yang masing-masing dihubungkan dengan selaput kulit jari. Perbedaan kelamin kurang nyata. Kerabat burung ini terdiri atas tujuk jenis yang tersebar di seluruh dunia dan tiga jenis di Indonesia.

Kerabat burung pelikan merupakan penerbang kuat; namun, karena badannya besar dan kakinya pendek, burung ini mengalami kesulitan untuk mulai terbang. Jika akan terbang, burung ini harus berlari dahulu sampai mencapai kecepatan cukup tinggi, baru kemudian meluncurkan tubuhnya ke atas. Burung ini juga sangat pandai berenang. Hidupnya di danau, su-ngai, dan lautan. Kerabat burung pelikan biasa hidup berkelompok, selalu bergembira, dan tidak senang bermusuhan dengan yang lain. Dalam penerbangannya, kerabat burung ini membentuk barisan teratur, didahului seekor burung yang terbang di depan sebagai pimpinan.

Advertisement

Pakan utama burung pelikan ikan dan katak. Karena tubuhnya besar, kebutuhan makanannya pun banyak; dalam sehari, seekor burung pelikan dapat menghabiskan 6-9 ons ikan atau sebesar 10- 15 persen dari bobot badannya, sehingga burung ini dianggap hama ikan. Tetapi, apabila persediaan pakannya berkurang, burung pelikan memakan bangkai ular. Burung ini mencari makan dengan membentuk kelompok. Kelompok ini membentuk jaringan melingkar untuk menghalangi dan menghadang mangsa. Untuk memangsa ikan, burung ini menundukkan kepala dan paruhnya ke dalam air lalu menyambarnya.

Burung pelikan paling suka membuat sarang di puncak pohon di daerah berawa dan danau, atau di permukaan tanah di tepi laut. Sarangnya, yang terbuat dari ranting kayu, kasar dan sangat sederhana. Ukurannya lebih kurang 18 sentimeter. Burung betinanya bertelur 1 – 4 butir telur berwarna putih. Pengeraman telurnya dilakukan burung jantan dan betina secara bergantian. Lamanya masa mengeram berkisar 4-5 minggu. Anak yang lahir tidak berbulu, matanya tertutup, dan lemah. Panjang tubuh bayi pelikan lebih kurang 7,5 sentimeter. Anaknya yang baru lahir sampai berumur satu minggu diberi makan oleh induknya dengan cara menyuapkan makanan yang telah dikunyah melalui paruhnya. Setelah masa itu, anak burung bisa mengambil sendiri makanan dari paruh induknya. Pada umur dua bulan anak burung pelikan sudah dapat terbang. Masa berkembangbiaknya pada bulan September, Oktober, Desember sampai Juni.

Klasifikasi Ilmiah. Burung pelikan termasuk suku Pelecanidae.

Incoming search terms:

  • klasifikasi dan deskripsi pelikan
  • apa itu pelikan
  • deskripsi pelikan
  • pengertian burung pelikan
  • Pengertian dari pelikan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • klasifikasi dan deskripsi pelikan
  • apa itu pelikan
  • deskripsi pelikan
  • pengertian burung pelikan
  • Pengertian dari pelikan