Advertisement

PENGERTIAN PELUNAKAN AIR – Suatu metode menyingkirkan mineral dari dalam air, terutama ion kalsium dan magnesium. Ion-ion logam alkali tanah ini menyebabkan air itu menjadi sadah. Di dalam air sadah sabun akan menghasilkan endapan (garam logam alkali tanah dengan asam lemak), sehingga sabun itu tidak berdaya membersihkan. Air sadah akan membentuk kerak pada dinding-dalam ketel, pipa, dan peralatan lain. Metode utama pelunakan air adalah proses soda kapur dan proses pertukaran ion.

Pada proses soda kapur, ditambahkan natrium karbonat (soda abu) dan kemudian kapur ke dalam air, dengan kuantitas menurut hasil pengujian. Hampir semua ion kalsium dan magnesium akan mengendap sebagai garam karbonat. Penambahan kapur adalah untuk mengendapkan kelebihan ion karbonat.

Advertisement

Sering kali kerak dapat disingkirkan dengan menggunakan bahan kimia yang mampu melarutkan ion- ion kalsium dan magnesium dalam kerak itu. Proses yang biasa dimanfaatkan ialah proses pengkompleksan. Zat kimia yang biasa digunakan ialah garam natrium dari asam etilenadiaminatetraasetat (EDTA). Contohnya dapat dilihat dalam menguras radiator mobil PELURU KENDALI adalah peluru yang jalur pener-bangannya dapat dikendalikan sesuai dengan arah gerak sasaran. Peluru yang dapat melintas hingga setengah keliling bumi ini sangat berbahaya karena dapat membawa hulu ledak yang sangat besar. Pada Agustus 1968, Amerika Serikat berhasil meluncurkan peluru kendalinya yang pertama. Setelah itu, Amerika Serikat dan Uni Soviet berlomba-lomba menciptakan senjata ini, sehingga kini jumlah peluru kendali lebih dari yang dibutuhkan untuk pertahanan.

Peluru kendali tersusun atas tiga bagian, hulu ledak, mesin atau penggerak, dan pengendali. Dengan ketiga bagian ini, peluru kendali akan mendeteksi sasaran, menentukan ketepatan posisi sasaran, mengklasifikasikan sasarannya (teman atau lawan, tetap atau bergerak, terbuka atau dilindungi), menggerakkan peluru, dan menghancurkan sasaran. Hulu ledak peluru kendali memiliki bahan peledak biasa atau bom nuklir. Hulu ledak ini kadang-kadang memiliki beberapa bom.

Penggerak pada sebagian besar peluru kendali modern adalah roket, meskipun dengan modifikasi tertentu, turbojet dan ramjet juga digunakan. Roket penggerak peluru kendali memanfaatkan bahan bakar cair atau padat yang sebagian besar memanfaatkan sistem oksidasi. Misalnya reaksi antara oksigen dengan karbon, hidrogen, atau unsur-unsur penghasil gas dan panas. Peluru kendali termodern menggunakan reaksi kimiawi, yakni pembelahan inti, atom atau nuklir.

Pengendali arah peluru tersimpan di belakang hulu ledak. Peluru kendali dikendalikan oleh operator melalui gelombang radio. Ada juga peluru yang dilengkapi sensor dan komputer, sehingga bisa mengikuti jejak panas, suara, atau radiasi gelombang radio yang dikeluarkan sasaran.

Hampir semua peluru kendali dikelompokkan ber-dasarkan media tempatnya diluncurkan dan media tempat sasarannya berada. Jenis-jenisnya adalah permukaan ke permukaan, permukaan ke udara, permukaan ke bawah air, udara ke permukaan, udara ke udara, bawah air ke permukaan, dan bawah air ke bawah air.

Permukaan ke permukaan adalah peluru kendali yang dipasang di darat dengan tujuan sasaran di darat. Sebagian dari jenis ini merupakan peluru kendali antar benua (ICBM) yang dapat menempuh jarak sangat jauh. Ketinggian dan koordinat sasaran harus diketahui dengan tepat agar arah dan gerak peluru dapat ditentukan.

Pen ikaan ke udara merupakan peluru kendali pertahanan yang sangat ampuh. Jenis ini dapat merontokkan pesawat udara di ketinggian 12.000 meter yang melaju dengan kecepatan Mach 1. Jenis ini disebut juga peluru kendali antibalistik karena dapat ditembakkan untuk merontokkan peluru kendali lawan.

Udara ke permukaan adalah peluru kendali kecil yang biasanya dipasang pada pesawat tempur agar pesawat dapat bertahan dari ancaman peluru kendali lawan. Peluru ini juga dapat digunakan untuk menyerang sa: ran bergerak di darat.

Udara ke udara sebagai pelengkap pesawat terbang tempur. Jenis ini digunakan untuk menyerang pesawat lawan.

Bawah laut ke permukaan merupakan peluru kendali yang dibawa kapal selam. Peluru kendali ini sering dikelompokkan sebagai jenis permukaan ke permukaan. Jenis ini biasanya bertenaga atom dan digunakan untuk menghancurkan sasaran di darat.

Bawah laut ke bawah laut merupakan jenis yang berkembang dari peluru kendali yang tercipta paling awal, yakni torpedo kapal selam. Peluru kendali ini dipasang di kapal selam dan dipakai untuk menghancurkan sasaran di air.

Incoming search terms:

  • pelunakan air
  • proses pelunakan air
  • pelunakan air adalah
  • pengertian pelunakan air
  • pelunak air
  • metode pelunakan air
  • pelunakan
  • bahan pelunak air
  • pengertian pelunakan
  • jelaskan proses pelunakan air

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pelunakan air
  • proses pelunakan air
  • pelunakan air adalah
  • pengertian pelunakan air
  • pelunak air
  • metode pelunakan air
  • pelunakan
  • bahan pelunak air
  • pengertian pelunakan
  • jelaskan proses pelunakan air