Seringkah dikatakan bahwa pembangunan merupakan suatu proses yang dikaitkan dengan pandangan-pandangan atau cita-cita yang optimis sifatnya. Pandangan-pandangan atau cita-cita tersebut pada umumnya hendak diwujudkan dalam usaha- usaha untuk mencapai taraf kehidupan materil dan spiritual yang lebih baik daripada keadaan yang telah dicapai. Pembangunan tersebut timbul antara lain, karena para warga masyarakat beserta pemimpin- pemimpin negara-negara yang merdeka sesudah Perang Dunia II, mempunyai keinginan-keinginan yang sangat kuat untuk dapat hidup sederajat dengan ma-syarakat-masyarakat dari negara-negara yang dikualifikasikan sebagai negara-negara yang telah kompleks dan modern.

Pembangunan pada dasarnya bertujuan untuk menaikkan taraf atau tingkat hidup, dan dapat pula dikatakan bahwa pembangunan bertujuan untuk menaikkan mutu kehidupan. Karena mutu hidup dapat diartikan sebagai derajat dipenuhinya kebutuhan da-sar, pembangunan dapat diartikan sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan dasar rakyat dengan lebih baik. Jadi, di dalam konsep pembangunan termaktup usaha untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Dengan demikian, pembangunan dapat dikate-gorikan sebagai perubahan yang direncanakan (“perubahan berencana”). Perubahan berencana adalah perubahan yang telah direncanakan terlebih dahulu oleh fihak-fihak yang hendak mengadakan perubahan tersebut. Pembangunan mencakup konsep yang amat luas. Ia dapat mengenai apa saja, termasuk didalamnya ekonomi, politik, kebudayaan, hukum dan sebagainya. Namun, di dalam konsep pembangunan terkandung unsur proritas dan masing-masing masya-rakat memberi tekanan hanya pada satu atau bebe-rapa di bidang kehidupan manusia. Akan tetapi, ke-banyakan dari masyarakat lebih memberikan prioritas pada satu bidang saja, yaitu pembangunan bidang ekonomi. Negara kita (Indonesia) misalnya, melalui keputusan rakyatnya, telah menetapkan prioritas pembangunan pada bidang ekonomi dengan titik berat pada sektor pertanian dan industri – sedangkan pembangunan bidang lainnya seperti politik, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain-lain juga lebih ditingkatkan agar sepadan dan dapat menunjang ke-majuan-kemajuan yang dicapai oleh pembangunan bidang ekonomi.