Advertisement

Suatu kebijakan pemerintah yang dengan sengaja membiarkan pengeluaran pemerintah melebihi pendapatannya untuk menaikkan permintaan masyarakat dan menekan pengangguran. Biaya untuk menutup defisit dapat diperoleh pemerintah dengan jalan meminjam dari masyarakat yaitu dengan menjual obligasi, atau meminjam dari Bank Sentral.

Kalau defisit ditutup dengan penjualan obligasi, ada dua kemungkinan akibatnya: (a) jika dalam masyarakat masih tersedia dana yang menganggur, pen. jualan obligasi tidak akan menaikkan tingkat bunga sehingga investasi tidak terganggu dan kesempatan kerja dapat ditingkatkan; (b) jika dana dalam masyarakat sudah sepenuhnya terpakai, penjualan obligasi hanya akan menaikkan tingkat bunga. Investasi akan menurun dan kesempatan kerja akan menurun pula.

Advertisement

Kalau defisit ditutup dengan pinjaman dari Bank Sentral, yang berarti peningkatan jumlah uang yang beredar, ada dua pula kemungkinan akibatnya: (a) jifca kapasitas yang ada dalam masyarakat belum sepenuhnya terpakai, jumlah uang yang beredar ini dapat mendorong meningkatkan kesempatan kerja; (b) jika kapasitas dalam masyarakat sepenuhnya sudah terpakai dan produktivitas masyarakat tetap, yang terjadi adalah kenaikan harga.

Di Indonesia, sejak pemerintahan Orde Baru, pembelanjaan defisit tidak pernah dijalankan, karena kebijakan seperti ini cenderung makin meningkatkan jumlah uang yang beredar dan mempertinggi besarnya defisit, yang dapat mengakibatkan inflasi yang sulit dikendalikan.

Incoming search terms:

  • pembelanjaan defisit adalah
  • pengertian defisit
  • pengertian pembelanjaan defisit

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pembelanjaan defisit adalah
  • pengertian defisit
  • pengertian pembelanjaan defisit