Advertisement

PENGERTIAN PEMBIAKAN KUMAN – Dapat dilakukan dengan jalan menanamkan kuman dalam medium padat, atau dalam medium cair. Sebagai akibat inokulasi dan inkubasi medium pada suhu optimum tertentu, terjadilah pertumbuhan kuman tersebut.

Pertumbuhan kuman pada medium padat dapat terjadi merata sehingga membentuk suatu lapisan, atau terpisah-pisah membentuk koloni-koloni kuman. Hal ini bergantung pada cara menanamkan kuman, yaitu apakah dilakukan dengan teknik inokulasi usap atau garis. Pembiakan kuman dalam medium cair dapat menimbulkan kekeruhan, atau tetap jernih; dengan menimbulkan, atau tidak menimbulkan, selaput pada permukaan medium cair tersebut.

Advertisement

Pembiakan kuman dalam suatu medium dapat bersifat aerobik atau anaerobik. Pembiakan aerobik memerlukan oksigen untuk pertumbuhan kuman, sedangkan pembiakan anaerobik tidak memerlukannya.

Dengan pembiakan, kuman dapat diisolasi sehingga sifat-sifatnya dapat dipelajari. Kuman dapat diinokulasikan dalam lempeng petri yang berisi medium padat, atau dalam tabung yang berisi medium padat atau cair. Pembiakan kuman dapat dipakai untuk menentukan diagnosis penyakit yang ditimbulkannya, dan menentukan kepekaannya terhadap berbagai antibiotika. Kuman yang dibiakkan juga dapat disimpan dalam waktu lama. Hal ini berguna untuk tujuan ilmiah dan kebutuhan komersial.

Incoming search terms:

  • pembiakan kuman

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pembiakan kuman