Advertisement

PENGERTIAN PEMBORAN LAUT DALAM – Digunakan para ilmuwan untuk mengambil contoh batuan di dasar laut dalam. Contoh batuan yang terdapat nada kerak dan mantel bumi ini dibutuhkan para ahli kebumian untuk mengetahui awal mula proses pembentukan batu-batuan tersebut. Batuan yang didapat memungkinkan para ahli lebih tepat merekonstruksi sejarah pembentukan bumi.

Untuk mendapatkan contoh-contoh lapisan kerak dan mantel bumi, suatu proyek besar dilaksanakan di Amerika Serikat pada tahun 1960-an. Untuk mencapai maksud itu harus dilakukan pemboran lubang-lubang melalui dasar laut dalam hingga mencapai lapisan diskontinuitas Mohorovicic yang memisahkan kerak bumi dan mantel bumi. Pemboran lubang melalui lantai laut dalam dipilih karena prosesnya lebih seder-hana dibanding melalui kerak benua. Lapisan Mohorovicic ini berada pada kedalaman 10 kilometer di bawah dasar laut dalam, sementara lapisan di bawah benua mencapai kedalaman 35 sampai 45 kilometer.

Advertisement

Tahun 1966 para ahli kebumian melakukan usaha pemboran laut dalam untuk suatu program yang merencanakan membor 40 sampai 60 lubang dangkal pada tempat-tempat yang telah dipilih di lantai Samu- dera Atlantik dan Pasifik. Tujuan proyek Kerja Sama Institut Oseanografi Amerika Serikat untuk Pengambilan Contoh Tanah Dalam ini adalah untuk memper-oleh pengetahuan tentang sejarah dan awal mula terbentuknya cekungan-cekungan lautan dan benua, serta untuk mendapatkan pengertian tentang proses pembentukan dan perubahannya.

Dalam pemboran laut dalam, hampir semua masalah yang timbul berkaitan dengan bagaimana orang memelihara posisi rig pembor agar selalu tepat di atas lubang pengeboran di air. Penepatan posisi ini biasanya terlalu sulit untuk penambat-penambat konvensional. Untuk memecahkan hal ini telah dikembangkan sistem pematok posisi dinamis. Sistem ini me-manfaatkan tanda (beacon) bersuara yang ditanam di dasar laut dekat tempat pemboran; di situ terdapat mikrofon kedap air yang bisa merekam datangnya isyarat beacon, dan komputer penghitung cepat akan memperkirakan ke arah mana kapal harus digerakkan. Berdasarkan keluaran komputer, baling-baling dan empat fpendorong kapal laut dapat diaktifkan untuk menggerakkan kapal ke arah yang diinginkan, menuju titik yang berada tepat di atas lubang, ribuan meter di dasar laut.

Program ini berhasil dengan pemborannya di Teluk Meksiko, tempat mereka berhasil mengambil contoh batuan penyimpan minyak dan gas di atas kubah garam sedalam 3.600 meter. Setelah diperiksa di laboratorium, endapan yang berada di sebelah timur Kepulauan Bahama itu ternyata berasal dari jaman Jura- periode 150 juta tahun yang lalu.

Incoming search terms:

  • pemboran laut dalam

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pemboran laut dalam