Advertisement

PENGERTIAN PEMBULUH DARAH – Bermula dari jantung dan berakhir pada jantung pula. Secara garis besar pembuluh darah terbagi dua, yaitu pembuluh arteri yang mengalirkan darah “bersih” (kaya oksigen) dan pembuluh balik (vena) yang mengalirkan darah “kotor” (mengandung karbon dioksida). Diameter pembuluh darah arteri berangsur-angsur berubah dari besar menjadi kecil, sedangkan diameter pembuluh darah vena berangsur-angsur membesar.

Pembuluh darah arteri terbesar, yang keluar dari bilik jantung kiri, disebut aorta. Dalam perjalanannya ke daerah tepi, pembuluh darah bercabang-cabang, diameternya makin kecil dan dindingnya makin menipis. Akhirnya cabang terkecilnya mencapai jaringan. Pembuluh terkecil ini disebut kapiler. Kapiler hanya mempunyai selapis epitel, sehingga memung-kinkan terjadinya pertukaran oksigen dari darah dan karbon dioksida dari jaringan. Ketika keluar dari jaringan, darah kapiler telah miskin oksigen dan banyak mengandung karbon dioksida.

Advertisement

Pembuluh darah yang keluar dari jaringan ini sudah termasuk dalam sistem pembuluh darah balik, yang darahnya banyak mengandung karbon dioksida. Secara berangsur-angsur diameter dan dinding pembuluh darah balik ini membesar dan menebal, sampai akhirnya lasuk ke serambi kanan jantung. Pembuluh darah balik yang terbesar ini disebut vena cava. Darah “kotor” ini kemudian dibersihkan di paru-paru, tempat karbon dioksida dilepaskan dan darah diperkaya dengan oksigen dari udara yang dihirup.

Selain sebagai saluran tempat mengalirnya darah yang membawa oksigen, pembuluh darah juga berguna dalam mengalirkan dan mengangkut nutrien serta hormon ke semua organ tubuh. Fungsi lain yang tak kalah pentingnya adalah mengalirkan sisa-sisa metabolisme, terutama karbon dioksida dan asam, ke paru lan ginjal. Pembuluh darah juga berfungsi sebagai sistem penampung cadangan cairan tubuh, yang pada keadaan darurat dapat segera dialihkan ke berbagai bentuk cairan tubuh. Pelebaran atau pengecilan diameter kapiler di permukaan kulit mampu mengatur dan mempengaruhi suhu tubuh.

Incoming search terms:

  • penampung cadangan cairan tubuh merupakan fungsi pembuluh

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • penampung cadangan cairan tubuh merupakan fungsi pembuluh