Advertisement

PENGERTIAN PEMROGRAMAN – Atau penataolahan, adalah kegiatan untuk menyusun tataolah (program) komputer Tataolah adalah daftar instruksi dan keterangan dalam bahasa komputer dengan tujuan mengolah sesuatu secara komputer. Bila tataolah itu tersusu dengan benar, pengolahan dapat dilaksanakan dengan benar Adakalanya, di dalam tataolah terdapat kekeliruan Berbagai kekeliruan demikian dinamakan bug (pada masa awal perkomputeran, pernah terjadi kekeliruan pengolahan gara-gara ada bug [kutu] sungguhan yang masuk ke dalam komputer). Agar penyusun tataolah mengetahui kekeliruan itu, di jendela tampilan ditampilkan pesan atau berita keliru (error message). Jika dikehendaki, di dalam tataolah dapat diberikan instruksi untuk melacak {trace) langkah olah tatsolah itu Pada pelacakan ini, kita dapat juga menemukan kekeliruan pada pelaksanaan (execution error). Pada jaman dulu, ketika pengolahan berlangsung, tataolah yang mengandung kekeliruan langsung dicurahkan {dump) ke kertas melalui pencetak. Pada jaman sekarang, kekeliruan itu dapat diperbaiki dengan meng-hilangkan bug {debug atau debugging) tanpa melalui pencurahan.

Penataolahan dapat disusun dalam berbagai bahasa komputer. Kalau tataolah itu disusun dalam bahasa rakitan, maka instruksi yang digunakan adalah instruksi ke berbagai register di dalam prosesor. Ada kalanya, di dalam penyusunan tataolah itu, kita ingin melakukan olahan bersyarat. Untuk itu, salah satu register digunakan untuk mencatat status dari register yang sedang dikerjakan. Selain mencatat status nol, status negatif, status keri {carry), register pencatat status itu juga mencatat apakah register diisi dengan informasi yang lebih besar dari kapasitas register {overflow). Untuk mencacah urutan instruksi di dalam memori, salah satu register digunakan sebagai enca- cah alamat memori tempat tataolah disimpan. Register itu adalah register pencacah.

Advertisement

Tataolah dalam bahasa rakitan ini juga digunakan di dalam prosesor. Untuk mengerjakan suatu instruksi yang berasal dari tataolah, prosesor perlu mengerahkan satuan kendalinya untuk mengendalikan semua register di dalam prosesor itu. Kegiatan dari instruksi ke tindakan pada satuan kendali ini dapat dilaksanakan melalui bantuan tataolah bahasa rakitan. Tataolah ini dikenal sebagai microcode.

Pada sejumlah komputer, bagian-bagian tataolah yang ditulis dengan bahasa rakitan ini dapat dipanggil melalui instruksi call. Adakalanya, bagian tataolah yang dipanggil itu terletak dekat ke pemanggil, adakalanya jauh. Pada sejumlah komputer, dekat atau jauh ini ditentukan melallii segmen. Memori kompu-ter dibagi ke dalam banyak segmen. Panggilan dalam segmen yang sama adalah panggilan dekat sedangkan panggilan di luar segmen adalah panggilan jauh.

Penataolahan dalam bahasa tinggi berbeda dengan penataolahan dalam bahasa rakitan. Penataolahan dalam bahasa tinggi dilaksanakan menurut prosedur pekerjaan kita. Dalam banyak hal, kita memerlukan bilangan konstan (constant) dan variabel. Sesuai dengan bentuk bilangan, kita menemukan variabel bilangan bulat, variabel nyata {real variable), dan sebagainya. Selain itu, terdapat juga kegiatan yang menyangkut logika dan tindakan bersyarat. Di antaranya, kita menemukan kegiatan jika {if) … maka, kegiatan selagi… kerjakan, dan sebagainya. Pada bahasakomputer tertentu, struktur tataolah itu dapat berlangsung bagian demi bagian dan dikenal sebagai modul seo ingkan pada bahasa komputer lainnya, struktur tataolah tersebut terdiri atas dua bagian, yakni rutin dan subrutin.

Dilihat dari penggunaannya, kita mengenal tataolah sistem, tataolah utilitas, dan tataolah aplikasi. Tataolah sistem seperti halnya sistem operasi mengurus rumah tangga komputer, tataolah utilitas mengurus berbagai utilitas seperti format disket, uji (test) disket, salin disket, verifikasi hasil salinan disket, dan kegiatan ^ain semacam itu. Tataolah aplikasi mengolah data pei ,akai komputer menurut aturan yang dikehendaki ole.I pemakai itu.

Incoming search terms:

  • pengertian microcode

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian microcode