Advertisement

PENGERTIAN PENANAMAN MODAL ASING – Disingkat PMA, menurut Undang-undang No. 1 tahun 1967 tentang Penanaman Modal Asing adalah “Penanaman modal milik asing secara langsung yang dilakukan menurut dan berdasarkan ketentuan-ketentuan undang-undang tersebut, dan yang digunakan untuk menjalankan perusahaan di Indonesia, dalam arti bahwa pemilik modal secara langsung menanggung risiko dari penanaman modal tersebut.”

Modal asing yang dimaksud dalam undang-undang tersebut adalah: (a) alat pembayaran luar negeri yang tidak merupakan bagian dari kekayaan devisa Indonesia, yang dengan persetujuan pemerintah digunakan untuk membiayai perusahaan di Indonesia; (b) alat- alat, bahan-bahan, dan penemuan-penemuan baru yang digunakan untuk kegiatan perusahaan, yang didatangkan dari luar wilayah Indonesia dan tidak dibiayai dengan devisa Indonesia; (c) bagian dari hasil perusahaan yang menurut undang-undang ini boleh ditransfer, tetapi digunakan untuk membiayai perusahaan di Indonesia. Dengan demikian modal asing tidak hanya berbentuk valuta asing, tetapi juga peralatan, bahan dan keahlian yang digunakan dalam kegiatan perusahaan di Indonesia.

Advertisement

Dasar Pertimbangan Dikeluarkannya Undang-undang PMA. Undang-undang PMA disahkan pada awal pemerintahan Orde Baru. Pada waktu itu keadaan perekonomian negara sangat buruk sebagai akibat situasi politik yang tidak menguntungkan dalam masa pemerintahan Orde Lama, serta ketiadaan modal, pengalaman serta teknologi yang dibutuhkan untuk mengolah potensi kekuatan ekonomi yang ada. Dengan memanfaatkan potensi modai, teknologi dan keterampilan dari luar negeri melalui PMA, terutama dalam bidang-bidang yang belum atau tidak mungkin digarap dengan kekuatan sendiri, pemerintah berharap pembangunan ekonomi dapat dipercepat. Melalui PMA diharapkan akan terbuka banyak lapangan kerja baru, yang memberi kesempatan pada tenaga kerja Indonesia untuk berkembang sehingga alih teknologi dapat terwujud.

Undang-undang PMA memuat ketentuan-ketentuan pokok yang mencakup bentuk badan hukum bidang usaha, tenaga kerja, hak pemakaian tanah jangka waktu penanaman modal, kelonggaran di bidang perpajakan, hak transfer, nasionalisasi dan kompensasi, serta kerja sama antara modal asin v dan mo-dal nasional.

Incoming search terms:

  • pengertian penanaman modal asing

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian penanaman modal asing